Robin van Persie Kemungkinan Absen di Semifinal

KAPTEN Belanda Robin van Persie kemungkinan absen di semifinal di Arena de Sao Paulo Rabu ini (09/07) karena masih menderita masalah perut.

"Prinsipnya, kapten saya selalu akan diturunkan, namun hanya jika 100% fit,” kata pelatih Belanda, Louis Van Gaal.

Pemain tengah Nigel de Jong mungkin bisa diturunkan, setelah pulih dari cedera pangkal paha.

Di pihak Argentina, pemain tengah Angel di Maria juga akan absen karena cedera paha.

Namun Sergio Aguero sudah pulih dari cedera paha, dan bisa diturunkan. Demikian juga dengan bek kiri Marcos Rojo akan bisa tampil lagi setelah sekali absen karena dua kartu kuning.

Era Messi?

Inilah semifinal pertama Argentina sejak 1990, tahun dimana, dengan Maradona, mereka lolos ke final dan dikalahkan Jerman 0-1.

Kini harapan muncul di Argentina bahwa sekarang saatnya bagi kesebelasan Abiceleste merebut mahkota kejuaraan untuk ketiga kalinya, lewat bintangnya, Lionel Messi.

Bintang Barcelona itu di Argentina bahkan disebut San Messi atau Santo Messi.

Dia dipandang sebagai seorang jenius yang dibandingkan dengan sang legenda, Diego Maradona –yang dipandang faktor penting tim Argentina memenangkan Juara Dunia 1986.

Masalahnya, di luar percikan-percikan kegemilangan Messi, Argentina sampai saat ini masih belum menampilkan permainan yang meyakinkan secara keseluruhan.

messi

Messi diperbandingkan dengan legenda Diego Maradona.

Total Football

Belanda di sisi lain, adalah negara yang memperkenalkan sistem revolusioner, Total Football, namun tak pernah menjadi juara.

Dengan total football, di tahun 1974 dan dipimpin Johan Cruyff, Belanda takluk di final dari tuan rumah Jerman (Barat).

Empat tahun kemudian, masih dengan total football tapi tanpa Johan Cruyff, Belanda takluk dari tuan rumah Argentina.

Tahun 2010, dengan gaya berbeda yang mengutamakan fisik bahkan cenderung kasar, Belanda takluk dari tim yang justru menampilkan sepakbola cantik, Spanyol.

Kini, di bawah Van Gaal Belanda merupakan tim yang sangat seimbang. Di pertandingan awal, Tim Oranye menghancurkan juara bertahan Spanyol 4-0 dengan permainan menyerang yang atraktif.

Pelatih Louis van Gaal juga dianggap salah satu ahli strategi yang hebat.

Keputusannya mengganti kiper jelang adu penalti lawan Kosta Rika dinilai sebagai taktik yang jenius. | sumber: bbc.co.uk                     

  • Uncategorized

Leave a Reply