Richard Branson: Rayakan team anda

Pekan lalu,konglomerat Amerika Richard Branson menjadi headline media lantaran aksi konyolnya saat menjadi pramugari Airasia. Bos Virgin Group itu kalah taruhan Formula 1 dengan Tony Fernandes, bos Air Asia.

Lahir di Blackheath, London, 18 Juli 1950, Richard Branson memulai bisnis pertamanya pada usia 16 tahun. Ia mendirikan sebuah majalah bernama Student.

Pada 1970, ia mendirikan sebuah bisnis audio recor mail-order. Pada 1972, ia membuka ritel toko kaset, Virgin Records, yang kemudian menjadi Virgin Megastores. Merek Virgin yang diciptakan Branson tumbuh pesat. Pada 1980-an ia mendirikan perusahaan penerbangan Virgin Atlantic Airways.

Meski tidak menyelesaikan sekolahnya, pada tahun 2007, majalah Time memasukkan Richard Branson dalam daftar 100 orang berpengaruh di dunia. Pada 2009, majalah Forbes memasukkannya sebagai orang terkaya dunia urutan ke-261.

Di sela-sela kesibukan mengelola bisnisnya, Richard Branson juga mengisi kolom di website virgin.com. Dalam tulisan di bawah ini, Richard berbagi tentang pentingnya menciptakan suasana menyenangkan di lingkungan bisnis.

***

APA itu bisnis? Sederhana saja, itu adalah tentang sekelompok orang yang datang bersama-sama untuk membuat perubahan positif bagi kehidupan masyarakat.

Setiap perusahaan harus merayakan tim mereka. Jika anda tidak memiliki orang-orang  hebat, Anda tidak akan memiliki bisnis yang besar. Untungnya, di Virgin kami menarik orang-orang yang menyadari makna sebuah merek dan mau membantu kami membuat bisnis punya kekuatan. Minggu ini saya berjumpa banyak anggota tim kami di seluruh lini usaha kami di Australia, dan tidak pernah berhenti mengagumi dedikasi mereka, antusiasme dan rasa menyenangkan.

Mulai dari staf di Virgin Australia yang menyanyikan lagu yang mereka tulis, sarapan bersama tim Virgin Active, ngobrol di kantin dengen Virgin Money dan berpesta dengan Virgin Mobile, itu rasanya seperti bermain rollercoaster keliling Australia.

Kami juga berbagi banyak tawa dan berfoto bersama, selalu menarik bercakap-cakap dengan staf, mendengarkan saran-saran mereka untuk perbaikan dan rencana mereka ke depan. Ada semangat tim yang indah yang mengikat kita semua bersama-sama, dan itulah yang membuat perbedaan, terutama di Australia.

Sangat penting bersikap fleksibel dengan staf, memberi mereka pilihan, dan membuat mereka mengetahui bahwa suaranya akan didengar. Kemudian anda akan menemukan mereka lebih loyal kepada perusahaan. Kami punya orang-orang yang masih bekerja di Virgin setelah bergabung beberapa dekade, karena budaya dan rasa menyenangkan yang kami coba tanamkan.

Sebuah keuntungan besar dari memiliki tim yang akan melakukan apapun satu sama lain adalah Anda bisa melewati saat-saat sulit serta menikmati waktu menyenangkan bersama-sama.  Virgin beberapa kali menghapi kesulitan di masa lalu, dan kami selalu berhasil melewatinya bersama-sama.

Sering perusahaan lupa bahwa menyegarkan, termotivasi, bahagia dan bersenang-senang adalah kunci untuk bisnis yang sukses. Setiap perusahaan harus merayakan staf mereka. Lebih banyak yang dilibatkan lebih baik!

  • Uncategorized

Leave a Reply