Resor mewah di pinggir pantai jadi base camp tentara Malaysia

MALAYSIA memiliki perkebunan kelapa sawit yang sangat luas di Sabah. Salah satu perkebunan tersebut kini menjadi markas militer Malaysia dalam operasi menumpas pengikut Sultan Sulu.

Perkebunan kelapa sawit tersebut berada dalam penguasaan Federal Land Development Authority (Felda). Felda yang digunakan sebagai markas militer tersebut bernama Felda Sahabat, terletak di bibir pantai.

Dalam peta, Felda Sahabat berlokasi di moncong hidung pulau Kalimantan. Felda Sahabat berjarak sekitar 110 Km dari kota Lahad Datu.

Felda Sahabat merupakan ibu kota dari perkebunan Felda. Di Felda Sahabat juga terdapat resort mewah di pinggir pantai.

Namun resort yang bernama Felda Residence Sahad tersebut kini ditutup untuk umum. Resor yang memiliki 38 kamar itu kini beralih fungsi menjadi base camp para militer dan polisi Malaysia.

"Tak ada lagi bilik (kamar) habis semua untuk polis. Home stay pun sudah habis," ujar resepsionis Felda Residence Sahad, Nuraimah kepada reporter merdeka.com Hery H Winarno di lokasi, Senin 11 Maret 2013.

Menurutnya sudah sepekan lebih resor ditutup untuk umum. Resor tersebut kini jadi hunian militer.
Kendaraan lapis baja hingga helikopter di parkir di sekitar resor. Pihak hotel mengaku belum tahu sampai kapan resor tersebut akan jadi base camp.

Resor tersebut juga menjadi media center. Wartawan yang ingin memperoleh informasi diberi ruang khusus termasuk untuk acara jumpa pers pejabat militer terkait operasi militer menggempur para penyusup Sulu.

Akses menuju Felda kini jaga ketat polisi Malaysia. Sejak pintu masuk Felda, beberapa petugas kepolisian selalu melakukan pemeriksaan kepada kendaraan yang melintas. Kendaraan asing yang bukan berasal dari Felda akan diperiksa barang bawaannya termasuk penumpang.

Dari Kota Lahad Datu menuju Felda, empat barikade polisi menghadang setiap pengendara yang masuk. Penjagaan ketat dilakukan agar penyusup Sulu tidak bisa masuk menuju kawasan Felda.[] sumber : merdeka

  • Uncategorized

Leave a Reply