Renyahnya cakar ayam Gajah Indah Sare

JIKA anda melakukan perjalanan melintasi kawasan Sare, Aceh Besar, jangan lupa untuk singgah di warung Gajah Indah. Selain menawarkan panorama pegunungan Seulawah yang sejuk, warung ini juga menyediakan salah satu kue khasnya, Cakar Ayam Gajah Indah.

Cakar ayam Gajah Indah dibuat dengan bahan dasar ubi rambat. 3 jenis ubi yang dibuat sebagai bahan dasar kue ini adalah ubi gadung, ubi sari dan ubi rujak.

Ketika ATJEHPOSTcom bertandang ke warung itu, Jumat 26 April 2013, dua wanita terlihat sedang menggiling ubi. Usai digiling ubi itu digoreng dalam kuali yang dipanaskan dengan tungku. Dapur penggorengan diletakkan di depan warung, para pengunjung bisa melihat langsung proses pembuatannya.
Pembuat cakar ayam Gajah Indah, Yani, mengatakan setelah garing ubi tersebut disiram dengan air gula merah dan gula putih. Kemudian, diangkat dari kuali dan dimasukkan ke dalam cetakan yang berbentuk bulat.

“Tidak perlu menunggu lama, cakar ayam sudah bisa dikemas ke dalam bungkusan untuk dijual,” kata Yani.

Dia mengatakan dalam sehari bisa menghasilkan 180 bungkus cakar ayam dan dijual Rp10 ribu per bungkus. Dalam sehari, kata Yani, semua cakar ayam itu laku dijual.

“Kalau hari Minggu sampai 200 bungkus lebih terjual,” kata Yani.

Usaha cakar ayam ini sudah dirintis Yani 3 bulan lalu. Dia mengatakan banyak para pembelinya adalah penumpang mobil angkutan karena warungnya biasa disinggahi angkutan jenis L-300. [](ma)

  • Uncategorized

Leave a Reply