Renungan Ramadan Sulaiman Abda: Bulan munajat

SEGALA puji bagi Allah yang telah menganugerahkan ramadan yang berlimpah keutamaan dan kemuliaan. Bulan yang dengannya kami (insya Allah) memperoleh rahmat, ampunan dan surga.

Ya Allah, jadikan puasa kami sebagai sarana bagi kami untuk meneguhkan kelurusan hati kami kepada Mu. Jika hati kami senantiasa condong kepada Mu maka niscaya diri kami pun, insya Allah akan condong pula kepada Mu.

Ya Allah, jadikan niat dan imsak kami di bulan ramadan ini sebagai kendaraan kami menuju Mu sebagaimana telah Engkau janjikan kepada semua hamba Mu yang berpuasa.

Ya Allah, jadikan seluruh ibadah kami di kala fajar, subuh, dhuha, siang, sore, dan malam sebagai wujud kehambaan kami yang penuh takwa kepada Mu karena sesungguhnya ibadah kami, hidup dan mati kami hanya untuk beribadah kepada Mu.

Ya Allah, jadikan hati dan pikiran kami sebagai hamba yang berhias firman beserta kefahamannya sehingga kecintaan kami kepada Mu dan Rasul Mu, Agama Mu bertambah-tambah.

Ya Allah, jika Engkau berkenan tiada sedikitpun kepayahan bagimu untuk menjumpakan kami dengan malam seribu bulan, lailatul qadar. Tapi, jika pun tidak maka jagalah hati kami agar selalu dipenuhi rindu untuk bertemu dengan lailatul qadar.

Ya Allah, tetap dan teguhkan hati kami di akhir ramadan ini agar tidak kalah oleh tarikan dunia. Ringankan langkah kami untuk senantiasa ada di mesjid agar hari-hari kami dipenuhi I'tikaf.

Ya Allah, lapangkan hati kami agar mudah bagi kami untuk mengeluarkan zakat diri kami agar kealfaan kami di ramadan ini tertebuskan atas izin Mu.

Ya Allah, jika perkenankan kami melabuhkan rindu kepada ramadan berikutnya agar kami mendapat kesempatan meluruskan hati kami hanya kepada Mu (Taqwa).

Ya Allah, jadikan kami orang-orang yang kuat dalam menyambung tali persaudaraan kami dengan kebajikan dan ketulusan dengan siapapun. Jangan jadikan kami orang-orang yang bersilahturahmi karena alasan jabatan, kedudukan, dan kekayaan. Jadikan hati kami bersaudara dengan semuanya dalam kebajikan dan ridho Mu.

Ya Allah, ringankan hati kami agar mampu menyadarkan dan mendoakan orang yang menzalimi kami dan ringankan pula hati dan langkah kami untuk segera meminta maaf kepada siapapun, dan memohon ampun kepada Mu.

Ya Allah, sampaikanlah shalawat serta salam kepada Nabi Muhammad SAW beserta para keluarganya, para sahabatnya, para umatnya hingga di akhir jaman.

Ya Allah, izinkan kami berharap dengan penuh doa "Taqabbalallahu minna wa minkum wa ja’alanallahu minal ‘aidin wal faizin” — Semoga Allah menerima (amalan-amalan) yang telah aku dan kalian lakukan dan semoga Allah menjadikan kita termasuk (orang-orang) yang kembali (kepada fitrah) dan (mendapat) kemenangan”.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply