Rekomendasi Komisi VI Terkait Penanganan Pengungsi Rohingya

Rekomendasi Komisi VI Terkait Penanganan Pengungsi Rohingya

Usai meninjau lokasi yang ditempati para pengungsi Rohingya dan Bangladesh di tiga daerah, Komisi VI DPR Aceh memberikan beberapa rekomendasi untuk Pemerintah Aceh terkait penanganan pengungsi. (Baca: Komisi VI DPR Aceh Nilai Lokasi Pengungsi di Bawah Standar Kesehatan)

Salah seorang anggota Komisi VI yang turun ke lokasi, Darwati A. Gani, kepada portalsatu.com mengatakan, Pemerintah Aceh harus mendorong pemerintah pusat agar sesegera mungkin memproses pemulangan pengungsi asal Bangladesh ke negara asalnya. Pasalnya, mereka tiba di Aceh karena faktor ekonomi, bukan karena konflik.

“Pemerintah Aceh juga perlu membentuk semacam organisasi untuk pengungsi Rohingya, agar mereka mudah diarahkan. Karena mereka harus mulai berpartisipasi dalam beraktivitas di penampungan, seperti menjaga kebersihan bersama, dan mengatasi persoalan-persoalan internal mereka secara mandiri. Jangan hanya menunggu yang dilakukan oleh pemerintah dan LSM yang ada,” kata Darwati, Minggu, 14 Juni 2015.

Rekomendasi lainnya yaitu, pemerintah harus membuat semacam barak yang lebih layak untuk ditempati. Hal ini menurut dewan, terkait dengan rencana awal bahwa mereka akan menetap di Aceh selama setahun.

“Itu adalah waktu yang relatif lama untuk ukuran sebuah penampungan. Ditambah pula untuk persiapan menyambut bulan Ramadan, agar mereka lebih tenang dalam beribadah,” ujarnya.

Sedangkan untuk organisasi yang selama ini menjadi koordinator bantuan dari masyarakat, pihaknya menyarankan agar bantuan yang diberikan dalam bentuk uang saja. Hal ini untuk memudahkan dalam membeli keperluan para pengungsi sesuai kebutuhan mereka di lapangan, dengan mensosialisasi nomor kontak organisasi penerima bantuan secara luas.

“Para pengungsi juga harus diajarkan dan dibiasakan tradisi-tradisi baru yang lebih baik. Seperti memperlakukan anak-anak dan perempuan di antara mereka secara lebih santun dan edukatif,” kata Darwati.

Seperti diberitakan sebelumnya, empat anggota Komisi VI Bidang Kesehatan dan Kesejahteraan DPR Aceh bersama tim dari instansi terkait hari ini mengunjungi beberapa tempat lokasi sekaligus. Secara umum mereka menilai lokasi pengungsian berada di bawah standar kesehatan.[] (ihn)

Foto: Darwati A. Gani (baju hitam) bersama pengungsi Rohingya @istimewa

Leave a Reply