Redelong Institute garap buku riset “Perempuan Gayo Cerdas”

REDELONG Institute sedang melakukan riset untuk penerbitkan buku "Perempuan-Perempuan Gayo Cerdas" dari berbagai latar profesi dan ketangguhan perempuan Gayo.

"Kajian dalam buku ini lebih mengarah pada aktivitas perempuan Gayo sehari-hari," kata Direktur Redelong Institute, Fachruddin,  kepada ATJEHPOSTcom di Banda Aceh, Minggu 8 September 2013.

Dikatakan Fachruddin Buku "Perempuan Gayo Cerdas" ini sudah pada tahap persiapan, dan akan diteruskan dengan pendataan yang lebih detail.

"Sekarang kesulitan riset kita pada lintas sejarah perempuan Gayo, karena pahlawan perempuan seperti Inen Mayak Tri dan Datu Beru yang kurang referensi, tapi garis besarnya Datu Beru  punya peran penting dalam kerajaan Aceh karena dia lebih berkiprah pada dunia politik dan hukum," katanya.

Namun hal menarik, kata Fachruddin, pada beberapa riset menunjukan perempuan Gayo memang pekerja keras, dan mereka tidak mengeluh.

"Berbagai aktivitas di Gayo ternyata punya peran besar di Gayo, dalam sehari-hari perempuan punya kontribusi hingga 60 persen dalam aktivitas sehari-hari," ujarnya.

Redelong Institute merupakan lembaga sipil yang berkedudukan di Kabupaten Bener Meriah dengan wilayah kerja mencakup wilayah tengah Aceh.[] ihn

  • Uncategorized

Leave a Reply