Realisasi PAD Aceh Tengah Baru 16,58 Persen

TAKENGON – Pada triwulan pertama 2012, realisasi Pendapatan Asli Daerah Aceh Tengah  baru mencapai 16,58 persen dari target Rp 23 miliar lebih. Angka ini dinilai masih sangat rendah bila dibanding dengan realisasi sejumlah daerah lainnya di Aceh.

Asisten Administrasi Pembangunan Setda Aceh Tengah Muhammad Syukri, dalam rapat evaluasi PAD dan PBB-P2, di oproom setdakab setempat, Selasa, 19 Juni 2012 mengatakan, rendahnya realisasi PAD ini disebabkan, salah satunya, akibat lemahnya komitmen aparatur yang semestinya bertanggungjawab untuk memenuhi target PAD.

Itulah sebabnya, tingkat partisipasi masyarakat untuk membayar pajak dan retribusi menjadi rendah. Padahal, kata Syukri, PAD semestinya menjadi prioritas sebagai wujud kemandirian dan pemberdayaan daerah seperti yang disyaratkan dalam era otonomi daerah. "Guna merealisasikan PAD sesuai target diperlukan komitmen bersama dan koordinasi yang baik diantara unit kerja terkait,” kata Syukri di hadapan para kepala SKPD yang hadir.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Kekayaan  Daerah, Arslan Abd Wahab mengungkapkan, kontribusi PAD Aceh Tengah terhadap APBK tahun 2012 hanya 3,81 persen. Menurutnya, anggaran tersebut masih tergolong rendah dibandingkan daerah lain yang mencapai rata-rata 5 hingga 10 persen. Karena itu, Arslan mengatakan dari jumlah PAD yang relatif sedikit tersebut, sudah semestinya direalisasikan sesuai dengan target yang telah disepakati, sambil terus berupaya menggali potensi PAD lainnya. []

  • Uncategorized

Leave a Reply