Ratusan Rohingya Blang Adoe Direlokasi ke Shelter

Ratusan Rohingya Blang Adoe Direlokasi ke Shelter

LHOKSEUMAWE – Ratusan pengungsi Rohingya yang selama ini ditampung di Balai Latihan Kerja (BLK) Gampong Blang Adoe, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara, dipindahkan ke shelter ACT di gampong yang sama, Kamis, 6 Agustus 2015 sekitar pukul 10.30 WIB tadi.

“Di shelter tersebut kami telah menyiapkan 120 kamar untuk mereka dan itu lebih dari yang dibutuhkan. Untuk Rohingya sendiri berjumlah 322 orang, di antaranya laki-laki 215 orang dan perempuan 117 orang. Dari keseluruhan tersebut jika dilihat dari segi usianya, untuk 0 hingga 5 tahun sebanyak 19 orang, 5 hingga 11 tahun sebanyak 35 orang, 12 hingga 17 tahun sebanyak 134 orang, sedangkan 18 tahun ke atas sebanyak 144 orang,” ujar Koordinator Komite Nasional Solidaritas untuk Rohingya (KNSR) Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe, Dicky Saputra kepada portalsatu.com.

Menurutnya, pembangunan shelter telah rampung dan pihaknya hanya akan menambahkan beberapa lampu sorot di barak tersebut. Selain itu, KNSR juga akan memperbaiki pagar pengaman di bagian depan dalam waktu dekat.

Sementara itu, Kabag Humas Aceh Utara, Amir Hamzah, mengatakan pihaknya telah mempersiapkan segala sesuatu untuk relokasi pengungsi asal Burma tersebut. Menurutnya penanganan dan pengamanan migran Rohingya di shelter ACT Blang Adoe akan sama seperti yang dilakukan selama ini di BLK.

“Namun, kalau di shelter yang sudah menikah dan mempunyai keluarga akan dipisahkan. Mereka sudah kita siapkan kamar masing-masing sehingga bisa berkumpul dengan keluarga kecilnya dengan nyaman,” ujarnya.[](bna)

Leave a Reply