Rahasia Kelam ‘Danau Misterius’ di Himalaya

Rahasia Kelam ‘Danau Misterius’ di Himalaya

New Delhi – Di ketinggian Himalaya, terselip di sebuah jurang kecil, terdapat sebuah danau glasial yang menyimpan sebuah rahasia mengerikan tentang nasib anak manusia.

Es yang mencair selama sebulan tiap tahunnya, menguak ratusan kerangka manusia yang ada di dalam danau sedalam 2 meter. Belulang tersebut, yang di antaranya memiliki daging dan rambut, terawetkan secara alami oleh iklim dingin yang kering.

Kejadian apa yang menewaskan ratusan orang tewas di Danau Roopkund di kawasan Uttarakhand, India?

Selama bertahun-tahun, kenyataan mengerikan masih kabur. Penduduk setempat menamai lokasi yang terletak pada ketinggian 5.000 meter di atas permukaan laut sebagai ‘Mystery Lake’, Danau Misterius. Mitos aneh pun bermunculan.

Kerangka-kerangka itu ditemukan kali pertama oleh penjaga hutan asal Inggris pada tahun 1942. Awalnya, tulang belulang itu dikira jasad tentara Jepang yang menyusup ke India sebagai bagian dari invasi pada masa Perang Dunia II.  Namun, seperti dilaporkan Atlas Obscura, para mendiang sejatinya lebih lama ada di sana.

Lainnya menduga, itu adalah kerangka-kerangka pejuang Kashmir yang kembali dari pertempuran di Tibet pada 1841, atau bagian dari iring-iringan penguasa saat itu Raja Jasdhaval dan istrinya, Rani Balampa, yang terjebak dalam badai salju.

Pendapat lain muncul, bahwa mereka adalah jasadpeziarah China. Ada pula yang mengaitkannya dengan kisah Pandawa — 5 serangkai anak Pandu dalam epos Mahabharata. Tapi tak satu pun dari spekulasi-spekulasi itu yang telah dikonfirmasi kebenarannya. | sumber: liputan6.com

danau rahasiaDanau Roopkund (Wikipedia)

Leave a Reply