Qanun Syariat Juga Diarahkan Bidang Syiar Islam

RANCANGAN qanun syariat Islam diharap memberikan arah di bidang syiar Islam. Hal ini disampaikan Ketua Komisi G Bidang Keagamaan Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) Tengku Ramli Sulaiman saat menyampaikan rancangan qanun Aceh, tentang pokok-pokok syariat Islam di Gedung DPRA, Banda Aceh, Rabu, 24 September 2014.

"Segala sesuatu yang dimaksudkan untuk mewujudkan ketinggian dan keagungan Islam dan tercermin dalam budaya Aceh harus diupayakan," ujarnya.

Menurutnya seluruh segmen yang berkaitan dengan syiar Islam, seperti pers dan penyiaran, pariwisata, kesenian, seni budaya juga turut berperan penting dalam memperkenalkan jati diri Aceh secara luas hingga tingkat internasional.

Selain itu, katanya, sebagai langkah terlaksananya penerapan syariat Islam dalam bidang akhlak juga diperlukannya upaya strategis dan sitematis dalam bidang dakwah islamiyah.

"Ini merupakan nilai yang sangat penting dan bersifat strategis yang bertujuan untuk mensyiarkan syariat Islam, mengokohkan aqidah, membina akhlaqul karimah, dan memperkuat ukhuwah islamiyah," ujarnya.

Selain itu, ia mengatakan rancangan qanun ini lahir dari sudut pandang positif terhadap syariat Islam sebagai pedoman hidup dan tata aturan hukum bagi rakyat Aceh.

"Kami memandang perlu pembatasan watu dimulainya pemberlakuan qanun ini nantinya secara efektif. Untuk itu demi maksud mulia dan kesempurnaan pengundangannya karena waktu satu tahun bukanlah waktu yang lama perlu kita sediakan," ujarnya.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply