Puskesmas Isaq Aceh Tengah sudah setahun tidak ada ambulans

PUSKESMAS Perawatan Isaq di Kecamatan Linge, Aceh Tengah, sudah setahun tidak memiliki ambulans. Masyarakat ada pasien dari Puskemas tersebut yang hendak dirujuk ke Rumah Sakit Umum (RSU) Datu Beru Takengon yang berjarak 35 Kilometer dari Isaq ke Takengon harus mencari mobil sendiri atau menyewa kepada warga lainnya.

Kepala Puskesmas Perawatan Isaq, dr. Jefrison, mengatakan tim medis dari Puskesmas ketika hendak berkeliling atau melakukan pelayanan harus menyewa mobil.

“Mobil Puskesmas sudah setahun lalu rusak, hingga sekarang belum siap diperbaiki oleh Pemerintah Kabupaten,” kata Jefrison kepada ATJEHPOSTcom, Senin 18 Maret 2013.

Dia mengatakan sudah melaporkan kondisi tersebut kepada Dians Kesehatan Aceh Tengah dan meminta pinjaman mobil ambulans sembari menunggu ambulans milik Puskesmas siap diperbaiki. Selain itu, dia mengatakan juga melapor kepada Camat Linge tentang kondisi tersebut. “Tapi hingga saat ini, sudah setahun belum ada tanggapan,” katanya.

Dia mengatakan untuk menyewa mobil mereka mengumpulkan uang sesama tim medis di Puskesmas yang besarnya setiap bulan Rp350 ribu.

Puskesmas Perawatan Isaq berada di Kecamatan Linge dan berjarak 35 kilometer dari ibukota Kabupaten Aceh Tengah. Jarak antara satu kampung dengan kampung lainnya dalam kecamatan tersebut juga jauh.

“Kami tidak tau harus bagaiman lagi, setiap bulannya harus menyewa mobil karena pelayanan kesehatan untuk masyarakat tidak bisa ditunda dan Posyandu setiap bulannya harus dilaksanakan,” kata Jefrison.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply