Pusat Gempa Selasa Pagi di Laut Sekitar Pulo Aceh

BANDA ACEH – Gempa berkekuatan 6.0 Skala Richter mengguncang wilayah Barat Daya Aceh, Selasa 22 Januari 2013. Pusat gempa berada di 15 kilometer Barat Daya Kota Banda Aceh, 35 kilometer barat laut Kabupaten Aceh Besar atau 36 kilometer Barat Daya Kota Sabang Aceh.

"Gempa pertama terjadi pukul 05.22 WIB tadi," kata Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho, Selasa 22 Januari 2013.

Pusat gempa itu berada di laut sekitar Pulau Penasi antara Banda Aceh dan Pulau Breueh, Pulo Aceh, Aceh Besar. Kedalaman gempa 84 kilometer. Koordinat gempa 5.49 LU,95.21 BT.

Gempa dirasakan keras selama 2-5 detik oleh masyarakat di sekitar Lhoknga, Peukan Bada, Ulee Lheue, Banda Aceh. Masyarakat panik dan berhamburan ke luar rumah. "Gempa ini tidak berpotensi tsunami," kata Sutopo.

25 menit kemudian diikuti oleh gempa susulan 5,1 Skala Richter, pada tempat yang hampir sama dengan kedalaman 16 kilometer.

Belum ada laporan korban jiwa dan kerusakan. BPBD Aceh masih melakukan pemantauan. Saat ini sebagian masyarakat masih berada di luar rumah dan sebagian telah menjalankan aktivitasnya. | sumber: merdeka.com

Berita Terkait:

Ekses Gempa di Pidie, 7 Orang Luka-luka

  • Uncategorized

Leave a Reply