Punya anak di usia tua tingkatkan risiko miliki cucu autis?

TAK selamanya menunda dan menunggu bisa memberikan hasil terbaik. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pria yang baru memiliki anak di usia 50 tahunan berisiko memiliki cucu yang autis. Penelitian ini menemukan bahwa faktor risiko autis bisa diturunkan dari generasi ke generasi.

Pria yang memiliki anak perempuan pada usia 50 tahun berkemungkinan 1,79 kali memiliki cucu yang menderita autisme dibandingkan pria yang memiliki anak di usia 20 – 24 tahun.

"Gaya hidup kakek dan ayah bisa mempengaruhi diri Anda. Ini bukan berarti bahwa Anda tak usah memiliki anak jika ayah Anda memiliki anak pada usia 50 tahun. Karena meski risikonya bertambah, namun risiko tersebut tetap kecil," ungkap Avi Reichenberg dari Institute of Psychiatry di King's College London.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of the American Medical Association's JAMA Psychiatry ini dilakukan dengan menganalisis data 5.936 orang dengan autisme serta 30.923 orang normal di Swedia sejak tahun 1932.

Mereka menemukan bahwa usia ayah ketika bayi dilahirkan merupakan faktor terbesar yang bisa menurunkan risiko mutasi gen pada anaknya. Hal ini kemudian bisa menyebabkan autis pada anak dan cucu mereka.

Meski mutasi tak langsung terlihat pada anak, namun bisa saja diturunkan pada generasi selanjutnya melalui anak yang sehat. Lebih parah lagi karena risiko autisme bisa diturunkan dan diakumulasi dari generasi ke generasi. | sumber: merdeka.com

  • Uncategorized

Leave a Reply