Puluhan Offroader Siap Jelajah dan Baksos di Hutan Jalin

SEBANYAK 40 Offroader dari berbagai club yang berada dibawah naungan IOF Aceh, menjelajahi kawasan hutan dari Panca menuju Jalin Kota Jantho hingga finish di Kuta Malaka. Dalam perjalanannya peserta akan melakukan camp site di lokasi cagar alam Krueng Linteung Aceh Besar. 

40 Offroader asal Aceh ini ikut ambil bagian dalam kegiatan jelajah hutan Aceh, yang dikemas melalui kegiatan expedisi bakti sosial di kawasan Hutan Panca dengan membantu merehabilitasi lantai atas jembatan yang sudah mulai lapuk dan sangat sulit dilalui oleh masyarakat setempat.

Kegiatan Baksos dan adventure offroad yang dilaksanakan oleh Club Seulawah Adventure ini diberi nama “Aceh Bermanfaat Expedition 2015” dan akan melakukan start pada  di lokasi Lambaro Biluy (Barusa camp), Sabtu, 21 Februari 2015. 

Kegiatan Baksos dan adventure offroad Aceh bermanfaat expedition ini, direncanakan akan dilepas keberangkatannya oleh Wakil Gubernur Aceh, yang juga selaku Ketua Dewan Pembina IOF Aceh, Muzakir Manaf.

Menurut Ketua IOF Aceh Fouzi Muhammad, kegiatan bakti sosial dan adventure offroad 2015 ini, tidak lain sebagai ajang silaturahmi sesama club dibawah naungan IOF Aceh sekaligus untuk mengenal lebih dekat dengan lingkungan dan alam, serta membangun rasa solidaritas kepedulian terhadap kawasan yang acap kali dilewati selama melakukan perjalanan offroad. Terlebih lagi kawasan yang akan dilewati oleh para peserta ini, sangat membutuhkan uluran tangan dari berbagai pihak terhadap kondisi jembatan yang sudah sangat mengkhawatirkan. 

Rehabilitasi lantai atas jembatan yang akan menjadi tempat kegiatan bakti sosial oleh peserta Aceh Bermanfaat Expedition 2015 ini, merupakan urat nadi perekonomian masyarakat sekaligus penghubung antar Desa Panca dan Jalin Aceh Besar. Jembatan dengan panjang 8 meter dan lebar 4,5 meter ini, sebelumnya telah dibangun sejak tahun 1994 oleh Departemen Transmigrasi, karena memang kawasan Panca dan Jalin dulunya merupakan salah satu lokasi penempatan warga transmigran di Aceh Besar.

“Kita sangat menyambut baik kegiatan Baksos yang dikemas dengan adventure offroad ini, terutama sebagai wujud mempererat kekompakan antar club dan mendekatkan kepedulian terhadap kondisi sosial masyarakat,” kata Fouzi Muhammad. 

Sementara itu, Ketua Seulawah Adventure Club, Mukhlis Abee selaku event organizer kegiatan Aceh Bermanfaat expedition 2015 ini, sangat menekankan kepada setiap peserta untuk melakukan persiapan secara matang berupa kelengkapan ‘recovery’ setiap unit kendaraan yang sesuai dengan standard dan regulasi IOF.

“Ini mengingat kondisi jalan yang sangat parah dan membutuhkan kesiapan fisik, skill maupun kendaraan setiap peserta,” katanya.

Event Aceh Bermanfaat Expedition 2015 ini direncanakan berlangsung selama 2 hari. Event ini turut didukung sepenuhnya oleh Pengda IOF Aceh dan Pengcab IOF Kota Banda Aceh serta Dunia Barusa, Majalah JIP dan PT Ayu Lestari Indah selaku pihak sponsor.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply