Puluhan Mahasiswa UIN Ar-Raniry Belajar Hilal di Pusat Obs Hilal Aceh

Puluhan Mahasiswa UIN Ar-Raniry Belajar Hilal di Pusat Obs Hilal Aceh

BANDA ACEH – Pusat Observatorium Hilal Teungku Chiek Kuta Karang Provinsi Aceh yang terletak di Lhoknga, Aceh Besar memberikan pelatihan ‘hisab rukyat’ kepada 50 mahasiswa Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh, Sabtu, 16 Mei 2015.

Dalam pelatihan tersebut, para peserta diberikan materi mengenai pengenalan teleskop rukyat, pengukuran kiblat dengan theodolit, pengukuruan kiblat dengan mizwala dan rubu mujayyab.

Salah seorang pemateri dari Obs Hilal Aceh, Alfirdaus Putra Salma, mengatakan instrumen yang mereka gunakan yaitu teleskop vixen, binocular dan theodolit top. Ia juga menjelaskan tentang pentingnya ilmu Falakiyah dalam kehidupan sehari-hari

“Pelatihan Falakiah hendaknya dilakukan secara rutin kepada lapisan masyarakat dalam rangka membuka pikiran masyarakat terhadap pentingnya ilmua falakiah, di antaranya pengukuran arah kiblat yang tepat dan juga untuk menghidupkan kembali salah satu keilmuan Islam yang pernah jaya pada masa lalu. Khususnya kepada mahasiswa karena mereka akan menjadi pelopor dalam memberi penejelasan ketika masyarakat bersiteru masalah khilafiah dalam falak terutama Ramadhan yang akan dihadapi satu bulan mendatang,” kata Alfirdaus melalui siaran pers kepada portalsatu.com hari ini, Minggu, 17 Mei 2015.

Para peserta menurutnya tampak sangat antusias mengikuti pelatihan, mereka juga aktif bertanya kepada pemateri selama proses pelatihan berlangsung dan pada saat menggunakan alat ketika praktek.

Pelatihan ini berlangsung seharian penuh dan dibimbing langsung oleh tenaga ahli dari Obs Hilal Aceh. Selain Alfirdaus Putra juga ada Aznur John, Iqbal J dan Abdul Aziz.[] (ihn)

Leave a Reply