Puluhan Hektar Sawah Terbengkalai di Langsa

Puluhan Hektar Sawah Terbengkalai di Langsa

LANGSA – Puluhan hektar sawah terbengkalai di Gampong Paya Bujok Beuramo, Kecamatan Langsa Barat, akibat tidak adanya irigasi. Petani mengaku tidak bisa memanfaatkan secara maksimal karena sawah tersebut masih memakai sistem tadah hujan, Jumat, 18 September 2015.

“Usaha kami yang memanfaatkan hujan sepenuhnya sebagai sumber air bukan pengairan air dari irigasi. Maka membuat kami petani kesulitan untuk menggarap sawah hingga pada akhirnya terbengkalai areal sawah kami,” ujar Faisal, salah satu petani Gampong Paya Bujok Beuramo.

Dia mengaku tidak bisa berbuat banyak untuk mengoptimalkan produksi padi lantaran harus menunggu hujan walau setahun sekali. Padahal pertanian bisa menjadi mata pencaharian mereka jika pemerintah mau memperhatikannya.

Hal senada disampaikan oleh Ketua Kelompok Tani Gampong Paya Bujok Beuramo, Musliadi Hanafiah. Dia mengatakan pemerintah setempat pernah memberikan bantuan melalui Dinas Kelautan, Perikanan dan Pertanian bersumber Dana Alokasi Khusus pada 2009 lalu. Bantuan yang diberikan tersebut berupa mesin pompa air serta membuka tiga titik sumur bor untuk pengairan.

“Akan tetapi tidak maksimal juga karena ketika air disedot, satu jam saja sudah habis. Jadi tidak mencukupi dengan luas areal sawah sekitar 70 hektar,” ujar Musliadi.

Dia berharap pemerintah bisa benar-benar mengoptimalkan lahan persawahan di gampong tersebut sebagai penunjang program swasembada pangan. Dia juga menyetujui jika pemerintah hanya mampu menggali sumur bor sebagai sumber mata air untuk sawah petani.

“Tapi jangan satu atau tiga titik karena arealnya luas. Namun, coba membuka sumur bor sifatnya berkelompok. Misal satu sumur bor terdapat 15 petak sawah dalam satu kelompok,” ujarnya.

Dia mengatakan sistem pengairan menggunakan sumur bor sudah dipraktekkan oleh petani di Kecamatan Manyak Payed, Kabupaten Aceh Tamiang.

“Sehingga petani di sana dalam setahun bisa menggarap sawah tiga kali, tentu di Langsa bisa juga dilakukan seperti itu supaya lahan sawah tidak terbengkalai seperti sekarang,” katanya.[](bna)

Leave a Reply