Pukat UGM: Pejabat Pemerintah Daerah Paling Banyak Terlibat Korupsi

JAKARTA – Pusat Kajian Anti Korupsi (Pukat) Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (FH UGM) Yogyakarta melansir, berdasarkan catatan hasil penelitian tren korupsi sepanjang pertengahan tahun 2012, korupsi banyak dilakukan oleh pemerintah daerah (Pemda). Kasus korupsi yang melibatkan pejabat pemda hampir menyebar di seluruh Indonesia.

Tren korupsi ini berdasarkan analisis tren korupsi Juli-Desember 2012. Di mana terdapat 72 kasus korupsi. Kasus korupsi di pemda menduduki posisi teratas yang melibatkan pejabat pemda mencapai 30,56 persen.

"Aktor dan otak pelaku korupsi yang terjerat hukum dan pengadilan korupsi di pemda mulai dari sekretaris daerah, kepala dinas hingga pejabat teknis dinas," kata peneliti Pukat UGM, Laras Susanti kepada media di kantor Pukat FH UGM Yogyakarta, Kamis (10/1).

Dari puluhan kasus itu, sebanyak delapan sektor kasus korupsi lebih banyak di sektor Penerimaan Anggaran Daerah (PAD). Ada 21 kasus.

"Disusul kemudian sektor pekerjaan umum (PU) sebanyak 13 kasus korupsi," ungkapnya.

Di posisi ketiga, korupsi di sektor keolahragaan dan pendidikan keagamaan sepanjang Juli-Desember mencapai 11 kasus. Kemudian diikuti sektor BUMN/BUMD sebanyak 9 kasus dan sektor penegakan hukum dengan total 7 kasus. | sumber: merdeka.com

  • Uncategorized

Leave a Reply