PT Cipta Kridatama Siapkan CSR Senilai Rp1,9 Miliar untuk Pemberdayaan Masyarakat Aceh Barat

PT Cipta Kridatama Siapkan CSR Senilai Rp1,9 Miliar untuk Pemberdayaan Masyarakat Aceh Barat

MEULABOH – PT Cipta Kridatama selaku kontraktor pelaksana pertambangan batu bara milik PT Mifa Bersaudara tahun ini menyediakan dana Coorporate Social Responsibility (CSR) senilai Rp 1,9 miliar. Dana tersebut digelontorkan untuk menunjang pemberdayaan masyarakat Kabupaten Aceh Barat, dan tidak hanya terbatas untuk gampong yang ada di wilayah ring kerja perusahaan saja.

“Kita tidak membatasi. Namun kalau ada gampong lain yang punya rencana pembangunan atau ada kelompok masyarakat yang butuh bantuan, akan kita bantu jika persyaratan kebutuhan mereka sesuai dengan yang kita harapkan,” ujar Humas PT CK, Zulfahmi Hasan kepada wartawan, Senin, 27 Juli 2015.

Disadari atau tidak, kata Zulfahmi, kehadiran perusahaan tersebut bukan hanya memetik keuntungan. Namun juga mencoba membantu dalam pembangunan gampong maupun pemberdayaan masyakarat melalui penyediaan dana CSR yang disediakan.

Ia mengatakan jika dilihat dari tanggungjawab sesuai undang-undang pertambangan Mineral dan Batu Bara, perusahaan tersebut tidak memiliki kewajiban penuh dalam menyalurkan dana CSR. Pasalnya, perusahaan mereka hanya sebagai kontraktor pelaksana dari pelaksana kerja di lapangan. Sedangkan untuk izin pertambangannya merupakan milik PT. Mifa Bersaudara.

Zulfahmi mengatakan berdasarkan undang-undang pertambangan Minerba maka hanya perusahaan yang memilki izin pertambangan, yang berkewajiban menyalurkan CSR minimal 1 persen dari hasil produksi.

“Meski demikian PT CK juga merasa punya kewajiban dalam hal ini. Dan besaran nilai yang sudah kita laporkan ke pemerintah Aceh Barat itu Rp 1,9 miliar yang kita kelola untuk membantu masyarakat Aceh Barat. Dan kemungkinan semuanya kita realisasi,” kata Zulfahmi.[](bna)

Laporan: Darmansyah Muda

Foto: Ilustrasi pertambangan batu bara. @antarafoto

Leave a Reply