Proyek James Cameron Peringati 100 Tahun Titanic

Tanggal 15 April nanti, tepat 1 abad sejak tenggelamnya kapal penumpang yang katanya paling besar pada tahun pembuatannya. Kapal penumpang yang punya panjang hampir 300 meter ini harus tenggelam secara tragis akibat lambung kapalnya robek terkena gunung es. Tragis, namun tak bisa dipungkiri peristiwa tenggelamnya kapal Titanic menjadi catatan sejarah penting bagi dunia.

James Cameron pun sadar akan hal tersebut dan membuat sebuah film yang berkisah tentangnya dengan judul TITANIC (1997). Bukan hanya memberikan sekelumit kisah tragisnya nasib kapal Titanic saja, Cameron pun sukses menyuntikkan kisah percintaan antara Jake (Leonardo DiCaprio) dan Rose (Kate Winslet) ke dalam sebuah film epik tenggelamnya kapal tersebut. Alhasil 11 piala Oscar sukses digondolnya.

Sebagai bentuk apresiasinya akan sejarah kapal Titanic, James Cameron bakal merilis ulang film TITANIC dalam format 3D. Film yang sukses dari segi finansial dan juga mendapat review dari para kritikus ini bakal diputar ulang di bioskop Amerika serentak pada tanggal 4 April waktu Amerika.

Cameron bahkan akan menjadi pembawa acara sebuah pameran, TITANIC: 100 YEARS OBSESSION, yang bakal dilangsungkan pada tanggal 29 Maret sampai 8 Juli nanti. Film ini nantinya mengajak pengunjung untuk melihat hasil kerja Robert Ballard, orang yang membantu memimpin proyek pencarian tempat kapal tersebut karam di tahun 1985 dan juga James Cameron yang telah membuat filmnya.

Untuk pameran ini Cameron kabarnya telah mengorganisasikan 33 kali penyelaman di sekitar situs karam. Dari pameran tersebut, penonton akan melihat tentang pembuatan kapal dari sisi teknis, dan juga dari estetikanya. Replika kapal dan properti dari filmnya bakal dipamerkan pula di situ.

Yang unik, dalam memperingati tepat 100 tahun semenjak peristiwa bersejarah tersebut (meski tragis), sebuah aku twitter bernama Titanic Voyage, @TitanicRealTime mengajak untuk bernostalgia dengan mengepos catatan perjalanan Titanic dalam lini masa mereka. Dalam linimasa mereka, pembaca seolah-olah sedang mengikuti catatan asli dari para kru kapal Titanic. [sumber: kapanlagi.com]

  • Uncategorized

Leave a Reply