Home Headline Nora Aini Yunita; Si Koki Cantik dari Unsyiah

Nora Aini Yunita; Si Koki Cantik dari Unsyiah

168
0
BenQ Corporation

GADIS cantik ini bernama Nora Aini Yunita. Ia kelahiran Banda Aceh, 28 Juni 1993 serta sedang menempuh pendidikan di FKIP PKK Unsyiah, konsentrasi Tata Boga.

Oleh teman-teman seangkatan, ia diberi gelar Ahli Memasak. Hobi Nora selain memasak, juga gemar membaca, dan menulis cerpen. Nora adalah alumni siswi berprestasi di SMK 3 Banda Aceh.

Kata Nora, awalnya masuk ke SMK Negeri 3 Banda Aceh bukanlah karena keinginannnya.

Gadis yang tinggal di Desa Ajee Pagar Air, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, mengaku tidak dapat melanjutkan sekolahnya di SMA Oemar Diyan, karena musibah orangtuanya, Drs. Burhanuddin Banta Cut, M.A, mengalami sakit keras sehingga harus dirawat di RSUZA Banda Aceh.

“Nora yang ingin menyambung sekolah dari SMP Oemar Diyan, harus memupuskan niatnya untuk menyambung ke SMA Oemar Diyan dan harus melanjutkan pendidikannya ke SMK 3 Banda Aceh. Kamu masuk aja ke SMK 3 Banda Aceh, daripada kamu tidak sekolah,” katanya.

“Waktu itu cuma SMK 3 Banda Aceh yang masih membuka pendaftaran sekolah, bahkan siapa pun yang tidak memiliki ijazah juga dapat masuk untuk meneruskan pendidikan di SMK 3 Banda Aceh tahun 2008. Yaudah pasrah dan menerima segala kehendak Tuhan, yakin aja kalau jalan Tuhan kedepan jauh akan lebih baik dari apa yang aku harapkan,” ujar Nora Aini Yunita lagi.

Nora mengaku mendapatkan prestasi sejak duduk di Sekolah Dasar. Berbagai juara diraihnya, seperti juara 1 lomba MTQ tingkat Madrasah Dasar Negeri 110 Percontohan Banda Aceh.

Nora mengaku melatih kemampuan irama mengajinya dari Ibunya yang sering meraih juara I MTQ. Nora juga mendapatkan juara harapan I lomba bercerita islami oleh kepanitiaan masjid raya tingkat provinsi di 2004, serta beragam prestasi lainnya.

Karena prestasi yang didapatkannya, Nora masuk sebagai mahasiswi FKIP PKK/Tata Boga Unsyiah angkatan 2010 melalui jalur Undangan. Nora juga aktif sebagai anggota Al-Mudarris bidang Kestari (Kesenian dan Tari). Nora juga dipercayakan sebagai Sekretaris (HIMADSIGA) Himpunan Mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga periode tahun 2013.

Sebagai mahasiswi aktif FKIP PKK/Tata Boga Unsyiah, Nora mengikut lomba memasak yang dilaksanakan oleh Himpunan mahasiswa FKIP kimia Unsyiah, dan mendapatkan juara I Cooking Competition Chemistry Expo 2012 HIMAKA FKIP Unsyiah. Kemenangan ini juga membawanya menjadi juara I dalam ajang  lomba penulisan resep penganan tradisional Aceh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh kategori “Kue Basah”.

Tak habis akal dalam meraih prestasi bidang memasak, Nora kembali melanjutkan kompetensi dalam penulisan resep penganan tradisional Aceh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh kategori “Sambai/Sambal Aceh” dan menjadi juara harapan III.

Sedangkan dalam bidang keagamaan, Nora mampu meraih juara I MTQ tingkat Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga FKIP Unsyiah. Dalam usahanya mengolah bermacam makanan, Nora juga pernah kebobolan PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa) – seIndonesia tahun 2013, dalam memanfaatkan lidah mertua sebagai potensi Aceh untuk pembuatan Candy Jelly Sansevieria, didanai oleh Kemendikbud Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Nora juga lulus di Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) tahun 2014, bidang pengabdian kepada masyarakat dalam  memanfaatkan Short Mahfudhat sebagai Pembentuk Akhlaqul Karimah di Aceh untuk menciptakan generasi cemerlang dalam IMTAQ dan IPTEK yang didanai oleh Kemendikbud Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Nora juga mengaharumkan FKIP PKK Unsyiah sebagai juara 2 (Runner Up) Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) tingkat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala. Berbagai penghargaan diraih Nora diantaranya ialah, Penghargaan Pengembangan Kurikulum Berbasis Wisata Kuliner. Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh dan Grand Nanggroe Hotel tahun 2008, Praktikal di Ratu Food Industries, Malaysia, SDN. BHD tahun 2011.

Nora memimpin  penghargaan dalam seminar nasional mahasiswa menuju pasar bebas 2015 Aceh-Malaysia Youth Leader Conference dan BEM Fakultas Hukum Unsyiah di 2013.

Pada 2014, Nora juga mendapatkan penghargaan dalam Sosialisasi dan Seminar Re-Branding Aceh “City Branding Mewujudkan Aceh sebagai Destinasi Wisata Nasional dan Internasional” di Hermes Palace Hotel Banda Aceh oleh Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia-Aceh.

“Dimana pun kamu berada, bersungguh-sungguhlah,” kata Nora.

 Laporan Maisarah Kim