Presiden Kolombia Umumkan Mengidap Kanker

PRESIDEN Kolombia Juan Manuel Santos mengumumkan dirinya mengidap kanker prostat, dan berencana melakukan operasi penyembuhan pada Rabu, 3 Oktober 2012.

Santos yang saat ini berusia 61 tahun mengatakan kankernya masih dalam  stadium awal. Itu sebabnya, ia optimis 97 persen masih bisa disembuhkan.

"Ini adalah tumor kecil yang terletak di kelenjar prostat," kata Santos seperti dikutip situs aljazeera.

Ia mengatakan berencana terbang ke Lima, Peru  mengikuti pertemuan puncak para pemimpin Amerika Selatan dan Arab. Setelah itu barulah ia kembali Bogota dan menjalani operasi  pada hari Rabu.

Santos mengatakan operasi akan dilakukan di bawah anestesi lokal sehingga ia tidak perlu melepaskan sementara tanggung jawab presiden.

Santos tidak mengatakan kapan tepatnya kanker terdeteksi, tapi dia bilang itu ditemukan oleh dokter di Kolombia setelah seminggu melakukan tes kesehatan fisik rutin.

Santos mengatakan ia memiliki riwayat keluarga yang memiliki  kanker prostat. Kakaknya, Luis Fernando, juga memiliki penyakit serupa dan menjalani operasi 14 tahun lalu.

Dr Gomez yang menangani kesehatan sang presiden mengatakan,"jika semua berjalan lancar sebagai mana mestinya, saya berharap dia kan cepat sembuh dan terus menjadi presiden kita."[]

  • Uncategorized

Leave a Reply