Presdir Surya Panen Subur Kunjungi Redaksi

BANDA ACEH – Presiden Direktur PT Surya Panen Subur (SPS), Eddy Sutjahyo Busiri, mengunjungi kantor redaksi ATJEHPOSTcom di Banda Aceh, Kamis 20 Desember 2012. Eddy datang bersama kuasa hukum perusahaan tersebut, Rivai Kusumanegara.

Kedatangan pemimpin teras perusahaan pekebunan tersebut diterima oleh Direktur Utama ATJEHPOSTcom Nurlis E Meuko, Pimpinan Redaksi Yuswardi A Suud dan Redaktur Pelaksana Mujahid Arrazi.

Di ruang redaksi ATJEHPOSTcom, Eddy Sutjahyo Busiri mengatakan tujuan kunjungan mereka untuk silaturrahmi dan berdiskusi dengan media. Dalam kesempatan itu, Eddy menjelaskan persoalan yang saat ini sedang dihadapi PT SPS di kawasan Rawa Tripa, yaitu persoalan dugaan pembakaran lahan yang dituduhkan kepada mereka.

“Kami ingin membuka diri kepada semua pihak termasuk media, terkait persoalan yang saat ini terjadi di Nagan Raya,” kata Eddy.

Eddy menceritakan kebakaran lahan gambut di areal perusahaan miliknya terjadi karena faktor alam. Eddy mengatakan pihaknya telah meminta kesediaan para pakar lahan gambut dan pertanian dari perguruan tinggi dan badan penelitian pemerintah di Indonesia untuk melakukan penelitian sebab terjadinya kebakaran. Para pakar tersebut berasal dari Universitas Padjajaran, Universitas Tanjungpura Pontianak, Badan Penelitian Pertanian Lahan Rawa dan Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian.

“Alhamdulillah, dari hasil penelitian mereka lahan itu terbakar bukan dibakar. Faktor utamanya adalah faktor alam yaitu kekeringan dan lahan gambut sangat mudah terbakar,” kata Eddy.

Dalam kesempatan yang sama, Rivai Kusumanegara mengatakan, lahan yang terbakar di areal PT SPS adalah 1.100 hektare, dari luas tersebut 600 hektare sudah ditanami sawit dan 500 hektare sudah selesai stacking atau pencabutan akar dalam proses pembersihan lahan.

“Jadi untuk apa kami melakukan pembakaran lahan, karena akan merugikan kami sendiri,” kata Rivai Kusumanegara.

Rivai menjelaskan, hasil penelitian ilmiah yang telah dilakukan sudah diserahkan kepada pihak Kementerian Lingkungan Hidup di Jakarta sebagai bukti ilmiah dalam kebakaran lahan di areal PT SPS. []

  • Uncategorized

Leave a Reply