Potensi usaha ayam petelur di Aceh sangat besar

POTENSI ayam petelur di Provinsi Aceh sangat besar dan belum banyak masyarakat yang menekuni bidang ini. Hal ini diungkapkan oleh Heri Hasan, pengusaha ayam petelur dalam seminar dan training di gedung Sultan Salim II, Kota Banda Aceh, Minggu 7 April 2013.

“Saat ini Aceh masih tergantung dengan pasokan telur dari Medan. Saat ini jumlah telur pasokan telur dari medan yang masuk ke Aceh setiap harinya mencapai 4 juta butir. Kegiatan ini menguntungkan daerah pemasok telur Rp4 miliar,” ujar Heri Hasan.

Dengan besarnya nilai pasokan tersebut, kata dia, maka seharusnya hal ini dapat menjadi peluang bagi masyarakat di Aceh. Kondisi ini sudah seharusnya diubah.

kata Heri, sudah saatnya para pengusaha muda Aceh berani melirik bisnis ayam petelur. Besarnya potensi bisnis tersebut, kata dia, dikarenakan konsumsi masyarakat Aceh terhadap telur sangat besar, atau berjumlah 1,2 kg perkapita pertahun.

“Jika dilihat daerah lain, hanya 0,43 kg perkapita pertahun. Dengan adanya bisnis petelur  maka peluang lapangan kerja baru juga terbuka. Dengan 20 ribu ekor ayam, maka dapat mempekerjakan 4 karyawa. Begitu banyak kelebihannya,” kata dia.[] (mrd)

  • Uncategorized

Leave a Reply