Populer di Inggris, gelang tembaga tak terbukti sembuhkan rematik

GELANG tidak hanya berfungsi sebagai perhiasan, kadang-kadang bisa juga dipakai untuk terapi penyembuhan penyakit. Gelang tembaga misalnya, di Inggris banyak dipakai dengan harapan bisa menyembuhkan radang sendi.

Sayangnya, gelang yang belakangan cukup populer di Inggris tersebut tidak terbukti menyembuhkan salah satu jenis radang sendi yakni rhematoid arthritis. Efek pemakaian gelang tersebut tidak lebih baik dibandingkan pemakaian gelang plasebo yang tidak mengandung tembaga.

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal PLOS ONE, para ilmuwan mengamati 70 pasien rhemumatoid arthritis selama 5 bulan. Selama periode tersebut, keluhan-keluhan nyeri dan riwayat pengobatan dicatat secara mendetail oleh para ilmuwan.

Para partisipan juga dibagi menjadi 2 kelompok, masing-masing diminta mengenakan gelang tembaga asli dan gelang tiruan yang tidak bermagnet dan tidak mengandung tembaga. Setelah 5 pekan, para partisipan diambil darahnya untuk diperiksa kemungkinan adanya radang.

Dari hasil pengamatan, tidak tampak adanya perbedaan pada kedua kelompok partisipan. Para ilmuwan menyimpulkan khasiat gelang tembaga yang digembar-gemborkan bisa menyembuhkan rematik pun tidak terbukti.

"Gelang ini sederhana dan aman untuk digunakan. Namun temuan ini menunjukkan bahwa para penderita sebaiknya menyimpan uangnya, atau menggunakannya untuk intervensi alternatif lainnya, seperti minyak ikan, yang jelas-jelas lebih terbukti berkhasiat," kata Dr Stewart Richmond dari Department of Health Sciences at York yang memimpin penelitian itu seperti dikutip dari Daily Mail, Selasa (17/9/2013).

Dr Richmond menjelaskan ada beberapa pemungkinan mengapa para pengguna gelang tembaga merasakan khasiatnya. Pertama, kemungkinan ada efek plasebo bagi yang benar-benar meyakininya. Kedua, para pasien menggunakan gelang ini pada episode paling buruk dan saat nyeri berkurang maka mereka akan mengiranya sebagai efek dari pemakaian gelang. | sumber: detik.com

  • Uncategorized

Leave a Reply