Polres Lhokseumawe Tangkap 6 Tersangka, 25 Bal Ganja dan 1 Ons Sabu

Polres Lhokseumawe Tangkap 6 Tersangka, 25 Bal Ganja dan 1 Ons Sabu

LHOKSEUMWE – Satuan Reserse Narkoba Polres Lhokseumawe meringkus dua tersangka bersama barang bukti 25 bal ganja, Selasa, 26 Mei 2015 dini hari tadi. Dua hari sebelumnya, petugas meringkus empat tersangka dan barang bukti satu ons sabu.

Kapolres Lhokseumawe AKBP Cahyo Hutomo melalui Kabag Ops Kompol Isharyadi saat konferensi pers di Mapolres setempat, Selasa siang, mengatakan penangkapan itu berawal dari informasi yang diterima pihaknya bahwa ada yang akan membawa sekitar 20 bal ganja dari Banda Aceh menuju Medan menggunakan bus Kurnia.

Menurut Isharyadi, tim Satuan Narkoba dibantu personil Shabara kemudian menggelar razia di Jalan Banda Aceh-Medan depan Mapolres Lhokseumawe dan menghentikan bus tersebut. Tepat pukul 02.30 WIB dini hari tadi, kata dia, pihaknya berhasil menangkap JS,32 tahun, wiraswasta, warga Kecamatan Banda Sakti, Lhokseumawe dari bus Kurnia nopol BL 7784 PB tujuan Medan.

“JS membawa 10 bal ganja siap edar yang diletakkan dalam tas ransel miliknya. Kita juga menyita satu unit HP dan uang tunai sebesar tiga ratus ribu rupiah,” ujar Isharyadi.

Isharyadi menyebut, sekitar 30 menit kemudian masih di depan Mapolres Lhokseumawe, pihaknya kembali menghentikan bus Kurnia nopol BL 7393 PB tujuan Medan.

“Hasil penggeledahan berhasil ditemukan lima bal ganja siap edar dalam tas ransel, dan 10 bal ganja dalam tas koper di dalam bagasi bus tersebut. Lima belas bal ganja ini dibawa oleh RJ,21 tahun, wiraswasta, warga asal Kecamatan Muara Dua, Lhokseumawe. Dari tersangka itu kita juga menyita satu unit HP dan uang tunai sebesar lima ratus ribu rupiah,” ujarnya.

Isharyadi menambahkan, kedua tersangka akan dijerat pasal 111 ayat (2), juncto pasal 115 ayat (2) UU No 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman penjara minimal lima tahun dan maksimal 20 tahun penjara.

“Kita akan lakukan pengembangan lanjutan dengan harapan dapat meringkus bandar utama dari kasus ganja ini,” kata Kabag Ops Kompol Isharyadi didampingi Kasat Narkoba AKP Sofyan

Tersangka sabu

AKP Sofyan menyampaikan bahwa pada Minggu, 25 Mei, pihaknya berhasil mengamankan narkoba jenis sabu satu ons, satu timbangan elektrik dan uang tunai Rp500 ribu dari empat tersangka pengedar sabu di dua loaksi terpisah, yakni Kecamatan Meurah Mulia, Aceh Utara dan Kabupaten Bireuen.

Menurut Sofyan, mulanya ditangkap dua tersangka pengedar sabu yakni H, 45 tahun, dan AB,44 tahun, di Kecamatan Meurah Mulia pada Minggu sore lalu dengan barang bukti 16 paket kecil sabu. “Pengakuan kedua tersangka itu, sabu didapatkan dari bandar di Kabupaten Bireuen,” katanya.

Sofyan melanjutkan, pada malam hari itu sekitar pukul 19.00 WIB, pihaknya berhasil mengamankan RM, 37 tahun, warga Kuta Blang, Kecamatan Gandapura dan F,39 tahun, warga Jangka, Kabupaten Bireuen, berikut barang bukti sabu sekitar 100 gram.

“Keempat tersangka tersebut dan barang bukti dengan total seberat satu ons telah diamakan di Mapolres Lhokseumawe guna penyelidikan dan pengembangan lebih lanjut,” ujar Sofyan.[] Laporan: Datuk Haris Molana

Keterangan foto: Kabag Ops Kompol Isharyadi didampingi Kasat Narkoba AKP Sofyan saat konferensi pers.

 

Leave a Reply