Polres Aceh Timur Tangkap Sindikat Curanmor Lintas Kabupaten

IDI –  Jajaran Kepolisian Resort (Polres) Aceh Timur berhasil menangkap sindikat jaringan pencurian kendaraan sepeda motor antar kabupaten. Polisi juga berhasil menyita tujuh unit sepeda motor sebagai barang bukti.

Hal itu dikatakan Kapolres Aceh Timur AKBP Iwan Eka Putra, melalui Kasat Reskrim AKP Priyo Utomo, di ruang kerjanya, Kamis, 10 Mei 2012.

Menurut penjelasan AKP Priyo, terbongkarnya jaringan pencurian kendaraan bermotor lintas kabupaten ini berawal dari laporan masyarakat yang juga merupakan korban pembelian tanpa dokumen.

Kata AKP Priyo, setelah menerima laporan masyarakat, tim resmob Polres Aceh Timur melakukan penelusuran terhadap tersangka pelaku pencurian.  "Setelah melakukan pengintaian, polisi berhasil mengamankan salah seorang pemetik (pelaku, -red) curanmor atas nama Amiruddin, warga Alue Nyamuk, Aceh Utara Pada Rabu, 9 Mei 2012 sekira pukul 16:30 Wib sore," ujarnya.

“Petugas juga berhasil menyita 7 unit unit sepeda motor dari tangan tersangka, yang sebagian di antaranya tanpa plat nomor kendaraan yang diduga merupakan hasil kejahatan," sebut AKP Priyo.

Dari pengakuan pelaku, sepeda motor yang telah dicuri Amiruddin kemudian dijual kepada penampung atas nama Jafar, warga Peureulak, Aceh Timur seharga Rp 1-2 juta. 

"Dia (Amiruddin) sudah selama 1 tahun melakukan aksi pencuriannya terhadap sepeda motor,“ kata AKP Priyo.

Ia juga mengaku sering melakukan aksi pencuriannya di lima titik, yakni Pante Bidari, Simpang Ulim, Peureulak, Jambo Aye, dan Aceh Utara.

"Adapun jenis sepeda motor yang berhasil disita dari pemetik dan penampung yakni tiga unit sepeda motor Honda Grand, duaunit Honda Supra X 125, satu unit Honda Supra Fit, dan satu unit Yamaha Jupiter."

Baik pelaku pencurian maupun penadah kini sudah ditangkap oleh kepolisian Aceh Aceh Timur.

“Jika ada yang warga yang hendak menjual sepeda motor, hendaknya mengecek terlebih dahulu surat-surat dan dokumen kenderaan yang hendak dibeli tersebut," pesan AKP Priyo Utomo. []

  • Uncategorized

Leave a Reply