Home Politik Terkait Pilkada 2017, Sekretaris PBB Aceh: Ini Sikap Serius Mualem

Terkait Pilkada 2017, Sekretaris PBB Aceh: Ini Sikap Serius Mualem

21
0
MALANG, 29/03 - KAMPANYE PBB. Sejumlah simpatisan PBB (Partai Bulan Bintang) mengibarkan bendera partai tersebut saat melakukan kampanye terbuka di Lapangan Ketapang, desa Bakalan Krajan, Malang, Jawa Timur, Minggu (29/03). Kampanye terbuka tersebut dihadiri Ketua Umum PBB MS Kaban. Foto ANTARA/Ari Bowo Sucipto/ed/nz/09.

BANDA ACEH – Sekretaris DPW Partai Bulan Bintang Aceh, Zulmahdi Hasan, mengatakan dari awal pihaknya sudah menyarankan agar dibangun komunikasi antar partai politik di Aceh. Komunikasi tersebut tentunya tanpa dikotomi nasional dan lokal karena membangun Aceh, fondasi awalnya niat dan kebersamaan.

“Partai Aceh sebagai partai politik yang lahir dari rahim konflik politik Aceh, sepatutnya memang mendapat tempat prioritas untuk itu. Terlepas dari bentuk apapun, Aceh hari ini adalah produk sejarah panjang dan mereka yang saat ini berada di bawah naungan Partai Aceh ikut andil besar terhadap suasana damai dan lahirnya UU Nomor 11 2006,” katanya kepada portalsatu.com, Sabtu, 26 September 2015.

Dia mengatakan Partai Aceh adalah bahagian integral dalam proses politik ini. Menurutnya peran serta mereka menjadi harapan besar rakyat Aceh.

“Namun di sisi lain, kehadiran PA dalam konteks politik dan demokrasi di Aceh, tentunya juga harus menyertakan peran dan pemikiran partai politik berbasis nasional  yang memang lebih dulu lahir dengan pengalaman yang cukup lama dalam pembangunan Aceh, dan punya akses terhadap pengambil kebijakan nasional,” ujarnya.

Dia turut mengapresiasi wacana Ketua Partai Aceh, Muzakir Manaf yang bakal maju sebagai Cagub Aceh 2017. Apalagi Mualem, sapaan akrab Muzakir Manaf, turut mengajak partai politik nasional untuk bersama-sama memikirkan Aceh di masa depan.

“Patut diapresiasi, apalagi  kebersamaan yang ditawarkan tidak hanya sebatas koalisi, lebih dari itu meminta parnas untuk menyiapkan kader terbaiknya mendampingi Mualem sebagai cawagub, walaupun sebenarnya tanpa parpol lainpun, PA cukup kuota untuk satu paket calon,” katanya.

Dia mengatakan Partai Bulan Bintang sejak Pilkada 2012 sudah bersama-sama dengan Mualem mendukung Zikir (Zaini-Muzakir).

“Terlepas dari dinamika apapun hari ini, kami berpandangan ini adalah sikap serius Mualem (PA) menyikapi kondisi politik dan pembangunan Aceh yang sepantasnya partai politik nasional memberi ruang untuk membangun kebersamaan ini,” katanya.

Sementara terkait opini eklusif yang melekat selama ini terhadap kebijakan politik PA, sirna seiring dengan adanya tawaran koalisi atau kolaborasi PA dan parnas oleh Mualem. Bahkan Mualem turut memberikan tempat yang lebar untuk diisi oleh parnas.

“Ketika ajakan baik itu, lantas parnas bersikap pasif, sungguh kemudian kesan eklusif itu akan menjadi sebaliknya. Kalau PBB memberikan dukungan itu ikhlas, tidak ada deal apalagi minta Balonwagub. Jika diminta, ya kader kita ada dan siap. Yang paling penting, sikap kebersamaan untuk Aceh yang lebih baik dan bermartabat,” ujar Zulmahdi Hasan.[]