Saifuddin Bantasyam: Soal Bendera Harus Diselesaikan Segera

BANDA ACEH –  Dosen Fakultas Hukum Unsyiah, Saifuddin Bantasyam, meminta polemik bendera dan lambang Aceh harus diselesaikan segera.

Ia mengatakan Pemerintah Aceh dan legislatif mengklaim bahwa penggunaan bendera sudah sah, karena sudah ada qanun yang mengatur dan sudah disahkan bersama.

Namun, pemerintah Indonesia juga mengklaim bahwa bendera Aceh yang sekarang diusulkan, tidak disetujui karena bertentangan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 77 Tahun 2007 Tentang Lambang Daerah.

“Kalau dalam bahasa hukum ada istilah, apabila ada hukum yang lebih tinggi, maka berlaku hukum yang lebih tinggi,” ujarnya.

Solusinya, menurutnya, harus ada tim hukum yang bisa mempertemukan dua pandangan tersebut. Selain itu ia juga meminta agar pemerintah menggunakan lobi-lobi inten untuk mempercepat bendera.

“Lobi-lobi itu tidak dianggap sesuatu yang ilegal dalam politik,” ujarnya.

Menurutnya bendera ini sangat penting untuk segera diselesaikan agar pemerintah bisa menjalankan program lainnya. “Kalau bisa Pemerintah Aceh bersama DPRA harus sering ke Jakarta untuk mempercepat pengesahan bendera dan lambang,” ujarnya.

Dia juga berharap, kalau bisa sebelum Ramadhan persoalan bendera dan lambang sudah selesai karena Pemerintah Aceh dan DPRA banyak tugas yang harus dilakukan.[](bna)

Leave a Reply