Home Politik DPRK Aceh Jaya: Putusan MK Soal Pilkada Bisa Dilawan dengan UUPA dan...

DPRK Aceh Jaya: Putusan MK Soal Pilkada Bisa Dilawan dengan UUPA dan Qanun

55
0

CALANG – Wakil Ketua DPR Kabupaten Aceh Jaya Teuku Asrizal, SH mengatakan keputusan Mahkamah Konstitusional (MK) yang sifatnya mengikat bukan berarti dapat berlaku di Aceh, karena putusan tersebut dapat dilawan dengan UUPA melalui qanun sendiri.

“Kita harus menghormati UUPA sebagai aturan yang dijalankan di Aceh,” kata Teuku Asrizal saat dihubungi Portalsatu.com, Senin 27 Juli 2015, di Calang, Aceh Jaya, terkait dukungan pada statemen anggota DPR Aceh Adan Mukhlis Arifin yang dimuat Portal ini, Minggu 26 Juli 2016 berjudul: “Soal Pilkada, Aceh berpeluang tidak ikuti Putusan MK.”

Menurut Ponjal, sapaan Asrizal, putusan MK tersebut harus dilawan dengan UUPA yang juga berhasil memperjuangkan calon independen. [Baca: Soal Pilkada, Aceh Berpeluang Tidak Ikuti Putusan MK]

“DPR Aceh harus memperjuangkan soal Pilkada sesuai UUPA melalui qanun,” ujarnya.

Namun ditanya apakah di kabupaten bisa melahirkan qanun tersendiri, Ponjal menyebutkan bisa saja. Namun afdolnya dibahas di provinsi supaya mengena Aceh secara menyeluruh.

“Itu harus berlaku seluruh Aceh, karena UUPA menampakan Aceh dengan kekhususannya,” kata politisi Golkar tersebut.[] (mal)

Foto: Teuku Asrizal, SH