DPR Aceh Jadwalkan Pemberhentian Sulaiman Abda Nanti Malam?

BANDA ACEH – Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) menjadwalkan rapat paripurna pemberhentian dan penggantian Wakil Ketua DPR Aceh, Rabu, 30 September 2015 sekitar pukul 20.30 WIB. Paripurna ini akan digelar di Ruang Serbaguna Lantai 2 Gedung Sekretariat DPR Aceh.

Belum diketahui apakah paripurna ini terkait dengan surat Golkar Aceh yang meminta pemberhentian Sulaiman Abda sebagai Wakil Ketua DPRA beberapa waktu lalu. Pasalnya Ketua DPR Aceh Teungku Muharuddin beberapa kali dihubungi untuk mengonfirmasi hal tersebut tidak menjawab panggilan masuk ke nomor pribadinya. Begitu juga dengan Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Aceh, Hamid Zein.

Seperti diketahui, Golkar Aceh telah memecat Sulaiman Abda selaku kader beberapa waktu lalu. Sekretaris Golkar Aceh, Muntasir Hamid, menyerahkan surat pemecatan Sulaiman Abda kepada pimpinan DPR Aceh, Teungku Muharuddin, Kamis, 17 September 2015 sekitar pukul 15.05 WIB. Penyerahan surat tersebut sekaligus sebagai pemberitahuan pergantian Wakil Ketua DPR Aceh yang selama ini dijabat oleh Sulaiman Abda kepada M. Saleh S.Pdi.

“Maka Sulaiman Abda semenjak diberhentikan, apapun fasilitas yang digunakan, Sulaiman Abda bertanggung jawab dengan negara. Misalnya gaji, mobil, itu dikembalikan dan itu tanggung jawabnya Sulaiman Abda dengan negara,” kata Muntasir Hamid yang ditemani oleh Ketua Golkar Aceh versi Aburizal Bakri, Ishak Yusuf, bendahara serta sejumlah pengurus partai lainnya.

Muntasir mengatakan kasus ini menjadi salah satu pembelajaran politik untuk Sulaiman Abda.

Penyerahan surat tersebut dibenarkan oleh Ketua DPR Aceh, Teungku Muharuddin. Dia mengatakan akan segera memproses surat tersebut sesuai undang-undang yang berlaku. “Akan segera diproses,” katanya.[](bna)