Home Headline Amrizal J Prang: Ada Peluang Parnas Menang Pilkada di Aceh

Amrizal J Prang: Ada Peluang Parnas Menang Pilkada di Aceh

46
0

BANDA ACEH – Akademisi Unimal, Amrizal J. Prang, menyatakan mungkin saja partai nasional (Parna) menang dalam Pilkada Aceh 2017 mendatang. Ucapan itu disampaikan saat portalsatu.com menanyakan peluang Parnas di Pilkada 2017.

“Kalau Parnas mengusung hanya satu calon, dan kandidat yang muncul sedikit misalnya dua atau tiga, kemungkinan menang ada walau fifty-fifty,” katanya via telpon, Jumat, 10 Juli 2015.

Namun, dia meragukan hal itu terjadi. Pasalnya dari amatannya dalam pilkada berbeda dengan pemilu legislatif.

“Dalam Pileg, figur dan partai amat berpengaruh, dan figur yang dimaksud disini bukan figur sentral saja tapi di semua tingkatan hadir figur yang mampu menarik pemilih. Jadi suara pemilu legislatif kemarin belum menjadi penentu kemenangan Pilkada,” katanya.

Sedangkan dalam Pilkada, figur menjadi amat menentukan di samping kerja mesin partai. Menyikapi hal itu, dirinya melihat Parnas tidak punya figur kuat yang sudah muncul ke publik. Tingkat akseptabilitas tokoh Parnas amat rendah dibanding Parlok.

“Menariknya Parnas punya banyak figur yang bagus untuk posisi Wagub,” katanya.

Makanya amat realitis bila Parnas dan Parlok berkoalisi. Ia juga setuju dengan pendapat bahwa kombinasi Parlok-Parnas akan memudahkan lobi Aceh ke Jakarta.

“Penguatan perdamaian dan penyelasaian urusan Aceh dengan Jakarta harus menjadi titik tolak bagi pemimpin Aceh” ujar Amrizal. 

Karena itu, kata Amrizal, Pemerintah Aceh harus punya bergaining kuat ke pusat.

Soal sosok yang muncul saat ini, menurut dia, masih berkisar dari mantan dan incumbent.

“Hasil diskusi bersama kawan-kawan, saat ini hanya dua figur yang bagus elektabilitasnya yaitu Mualem dan Irwandi. Tapi tidak menutup kemungkinan muncul tokoh lain,” katanya.

Tapi, menurutnya, kalau kandidat yang diusung dari luar semisal artis juga tidak akan berpengaruh bagi pemilih di Aceh. “Begitu juga soal figur di luar politisi, kita belum melihat ada yang menonjol,” katanya.[](bna)