Polisi selidiki pengaturan skor massal di seluruh Eropa

Agensi Kepolisian Eropa (Europol) mengungkapkan bahwa penyelidikan besar-besaran sedang dilakukan untuk menguak skandal pengaturan skor di seluruh Eropa. Europol mengidentifikasi ada setidaknya 380 pertandingan dengan kategori mencurigakan.

Pertandingan yang dicurigai itu termasuk laga kualifikasi Piala Dunia dan Piala Eropa serta dua laga Liga Champions. karena banyaknya pertandingan yang diselidiki, Europol menyebut investigasi kali ini berlangsung dalam skala yang belum pernah dilihat sebelumnya.

Kepala Europol Rob Wainwright mengatakan bahwa pihaknya sudah berhasil mengumpulkan banyak bukti dari tindakan kriminal mafia pertandingan. Aksi ini juga terjadi di banyak kompetisi yang selama ini dianggap "bersih" seperti Premier League.

"Kami terkejut dengan besarnya organisasi kriminal yang kami hadapi. Sangat naif jika berpikiran bahwa tak ada tindakan pengaturan skor di Inggris atau liga-liga lainnya di Eropa," ucap Wainwright.

Organisasi kriminal yang dimaksud Europol berbasis di Singapura dan terlibat dalam banyak pengaturan skor pertandingan. Organisasi ini mengeluarkan setidaknya 100 ribu euro per pertandingan untuk menyuap pemain dan perangkat pertandingan.[] sumber : merdeka

  • Uncategorized

Leave a Reply