PM Inggris Sebut Berlomba dengan Indonesia

Perdana Menteri Inggris, David Cameron, menyatakan negerinya sudah berada di jalur yang benar untuk menghadapi tahun 2013. Cameron menyatakan dalam pesan Tahun Barunya, Inggris berada dalam perlombaan global untuk sukses di bidang ekonomi.

Defisit anggaran, kata Cameron dalam video pesan Tahun Baru, diperkirakan mengecil seperempatnya dibanding 2010. Kemudian sudah lebih setengah juta orang bekerja sejak itu.

"Inggris sedang berada di lomba global untuk berhasil sekarang. Ini adalah perlombaan dengan negara-negara seperti China, India dan Indonesia: sebuah lomba untuk pekerjaan dan kesempatan di masa depan," kata politikus Partai Konservatif Inggris itu.

"Jadi ketika orang bicara kita bisa bisa memperlambat pemotongan utang, kita katakan 'tidak.' Kita tak bisa menang di dunia ini dengan sebuah batu pijakan utang mengelilingi leher kita."

Cameron juga bicara mengenai perbaikan kesejahteraan dan peningkatan standar sekolah. Cameron menyatakan pemerintahannya seperti "pemerintahan yang buru-buru" karena tak mau menyerah pada defisit atau menyerah mereformasi kesejahteraan dan pendidikan.

"Kita bisa melihat masa depan dengan realisme dan optimisme. Realisme karena Anda tak bisa menyelesaikan masalah yang berdekade hanya dalam semalam. Tak ada perbaikan yang cepat dan saya juga tak mengklaim sebaliknya," kata Cameron.

Namun Cameron tak bicara mengenai posisi Inggris di Uni Eropa yang menurut pengamat menjadi agenda politik besar di 2013.| VIVA.CO.ID/REUTERS

  • Uncategorized

Leave a Reply