PLTU Suak Puntong Beroperasi Akhir Juli 2012

NAGAN RAYA – Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Suak Puntong yang dibangun di desa Suak Puntong, Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya dipastikan akan beroperasi akhir Juli 2012.

"Saat ini, kondisi pembangunan PLTU Suak Puntong sudah hampir rampung dan sudah memasuki pada tahap uji coba peralatan yang sedang dilakukan oleh pekerja proyek tersebut," ujar Kepala PLN Cabang Meulaboh, Abdullah kepada The Atjeh Post, Jumat 20 Juli 2012.

Selain itu, Abdullah menambahkan PLTU Suak Puntong memiliki daya berjumlah 200 mega watt yang akan di supply (disalurkan) ke seluruh Aceh. Untuk wilayah Aceh Barat dan Nagan Raya nantinya, kata dia, akan mendapat supply 25 mega watt dan 175 mega watt akan di supply ke wilayah pantai timur Aceh.

Kata dia, untuk pembangunan tower transmisi dan penarikan jaringan listrik sendiri sudah hampir rampung. Saat ini, kata Abdullah, hanya tinggal jaringan dari tower transmisi yang berada di area Geumpang, Pidie yang sedang di buru pengerjaannya.

Pekerjaan yang sedang diburu lainnya adalah pengambilan arus dari tenaga transmisi yang disebut jaringan tenaga tinggi, ke tenaga menengah atau tiang listrik biasa.

"Selain PLTU Suak Puntong pihak PLN juga sudah membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Peusangan di Kabupaten Bireun. Namun, belum bisa mencapai target karena daya pakai listrik di Aceh kebutuhannya sudah mencapai 450 mega watt, dan itu di perkirakan akan terus bertambah setiap tahunnya," ujar dia.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply