PLN Pusat Survei Lokasi Penempatan Gardu Induk di Aceh Timur

PEMERINTAH Kabupaten Aceh Timur mendatangkan tim PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) persero ke daerah tersebut untuk mengatasai krisis listrik, Rabu, 21 Mei 2014.

“Bagaimana tidak, pembangunan Gardu Induk (GI) merupakan satu-satunya solusi yang ampuh untuk mengatasi pemadaman listrik," ujar Bupati Aceh Timur, Hasballah bin H. M. Thaib saat meninjau lokasi pembangunan Gardu Induk di Daerah PT Bumi Flora, kecamatan Darul Ihsan.

Dia mengatakan pihaknya tidak akan mempersulit pengusaha atau investor yang hendak membangun atau menanamkan modal di daerahnya. Menurunya, kemajuan suatu daerah selalu ditandai dengan dengan majunya investasi yang tumbuh positif.

"Tanpa investasi maka daerah itu pasti sulit berkembang lebih cepat," ujar Hasballah.

Menurutnya Aceh Timur terus memacu pembangunannya. Untuk itu, kata dia, tim PLN yang hendak membagun Gardu Induk akan dipermudah perizinannya.

Ketua Tim PLN Pusat Manager Senior Perencanaan, Pengadaan dan Pembangkit PT PLN Persero, Priyo Wibowo mengatakan nantinya setelah data dikumpulkan akan dilaporkan ke direksi tujuh.

"Jika direksi telah setuju bentuknya seperti apa dan desain pembangkitnya seperti apa dan trasmisinya seperti apa, maka nanti akan dirupakan dalam suatu bentuk keputusan apakah nanti dikerjakan di Aceh Timur atau digeser ke tempat lain," kata Priyo.

Menurutnya tahap penelitian yang dilakukan seperti melihat flora, kontruks tanah, arah angin dan sebagainya. "Karena itu akan menentukan tata letak dari pembangkit listrik itu sendiri nantinya," ujar Priyo.

Pihaknya juga akan melihat sisi keuangan apakah segi engineering fleksibel atau tidak dan dari segi kelistrikan secara keseluruhan mencukupi. Nantinya, kata dia, baru dirangkup dalam satu dokumen.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply