PKK Banda Aceh Salurkan Bibit Tanaman Buah untuk Gampong Lampaseh

BANDA ACEH – Ketua Pengurus PKK Kota Banda Aceh, Ir Nurshanti Mawardy menyerahkan bibit tanaman buah kepada masyarakat Gampong Lampaseh Kota, Jumat 9 Nopember 2012.

Bantuan bibit tanaman itu berupa 269 batang bibit Mangga dan 200 batang bibit Belimbing Wuluh serta 180 sak pupuk. Bantuan diterima langsung oleh Keuchik Gampong Lampaseh Kota, Bapak M Zakki di Kantor Geuchik setempat.

Nurshanti dalam sambutannya mengatakan, bibit tanaman itu diserahkan sebagai upaya mendorong partisipasi masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangan rumah dengan tanamanproduktif.

Nantinya diharapkan dapat meningkatkan gizi keluarga, bahkan dapat membantu perekonomian keluarga.

"Tingkat konsumsi buah dan sayuran yang ditetapkan FAO adalah 65,75 Kilogram per kapita, sementara masyarakat kita masih mengkomsumsi 32,67 Kilogram perkapita, ini jelas masih jauh dibawah standar. Dengan program ini kita berharap masyarakat akan menyadari pentingnya mengkonsumsi buah dan sayuran setelah makanan pokok nasi," ujar Nurshanti.

Selain untuk peningkatan gizi, kata Nurshanti, program ini juga merupakan tindak lanjut dari gerakan perempuan tanam dan pelihara yang dicanangkan oleh Ketua Umum TP PKK Pusat dalam rangka mengantisipasi ancaman ketahanan pangan akibat perubahan iklim global.

"Disamping pekarangan rumah akan sejuk dan nyaman, buah belimbing wuluh ini juga bisa diolah sebagai bahan dasar asam sunti untuk bumbu dapur yang memang tidak asing lagi bagi lidah masyarakat kita," kata dia.

Pada kesempatan itu, Nurshanti meminta para kader PKK Kota untuk terus menggerakkan masyarakat dalam memanfaatkan pekarangan dengan tanaman holtikultura sehingga mampu memenuhi kebutuhan pangannya sendiri.

"Ini sesuai dengan salah-satu program pokok PKK yakni, meningkatkan ketahanan pangan melalui penganekaragaman pangan dalam rangka terwujudnya ketahanan pangan keluarga,"

Turut hadir pada acara itu, Kadis Kelautan Perikanan dan Kelautan Banda Aceh Baktiar S Sos, Kepala DKKK Ir Jalaluddin, Kadis Perindagkop Sofyanuddin, Keuchik Lampaseh dan masyarakat Lampaseh.

Semetara itu, Keuchik Lampaseh Kota M Zaki mengucapakan terimakasih kepada PKK Kota Banda Aceh yag telah memberikan bantuan bibit tanaman buah tersebut. Keuchik berjanji bantuan bibit Mangga dan Belimbing Wuluh serta 180 sak pupuk akan dimanfaatkan sebaik mungkin bersama warga Lampaseh Kota.[] (ihn)

  • Uncategorized

Leave a Reply