Pidie Panen Raya Penangkaran Benih Padi

Pidie Panen Raya Penangkaran Benih Padi

SIGLI – Pemerintah Kabupaten Pidie bersama Perhiptani menyelenggarakan panen raya penangkaran benih padi di Gampong Teungoh Baroh, Bambi, Kecamatan Peukan Baro Kabupaten Pidie, Rabu, 5 Agustus 2015.

“Pidie yang memiliki 29 ribu Ha lebih lahan pertanian terus berupaya untuk dapat meningkatkan hasil produksi padi. Banyak hal yang telah dilakukan pemerintah sebagai upaya untuk meningkatkan hasil produksi tani,” ujar Bupati Pidie, Sarjani Abdullah seperti rilis yang dikirim oleh Humas Pemkab Pidie kepada portalsatu.com.

Menurut Sarjani, tahun 2015 ini pemkab Pidie menyediakan anggaran hampir Rp 100 miliar untuk sektor pertanian. Pihaknya juga terus memperbaiki irigasi, membuka jalan usaha tani, dan memberikan pendampingan penyuluhan pertanian untuk petani.

bupati pidie

“Sekarang Pidie memiliki hampir 200 orang penyuluh pertanian swadaya yang diambil dari kalangan petani sendiri, di samping penyuluh yang telah ada. Ini dimaksud untuk memberi pendampingan kepada gapoktan-gapoktan yang ada di Pidie,” katanya.

Saat ini, kata dia, Kabupaten Pidie fokus pada penyediaan bibit padi unggulan yaitu pengembangan benih Inpari untuk mMembantu petani mendapatkan benih padi berkualitas di Pidie. Hal ini diharapkan dapat meminimalisir kekurangan benih di Aceh.

Selain itu, untuk tahap awal pemerintah daerah juga telah melakukan pengembangan benih di 40 hektare areal persawahan di Pidie.

“Pidie siap menyediakan benih padi berkualitas untuk seluruh Aceh,” kata Bupati.‎

Hadir pada kegiatan tersebut Dirjen Tanaman Pangan Kementan RI DR. Ir. Hasil Sembiring, M.Sc, Gubernur Aceh diwakili oleh kepala Badan Penyuluh dan Ketahanan Pangan Aceh, Aster Kodam IM, Bupati Pidie Sarjani Abdullah, Wakil Bupati Pidie M. Iriawan, SE serta unsur Muspida Kab. Pidie, Ketua DPW Perhiptani Aceh yang juga Bupati Aceh Tengah H. Nasaruddin serta para Kepala SKPA dan SKPK Pidie.[]

Leave a Reply