Pidato Tujuh Menit Presiden RI ke-7

Joko Widodo atau Jokowi akan dilantik sebagai presiden ketujuh RI di gedung MPR/DPR hari ini, Senin 20 Oktober 2014. Setelah dilantik, Jokowi akan menyampaikan pidato kenegaraan pertamanya di gedung parlemen.

Deputi Tim Transisi Jokowi-Jusuf Kalla, Andi Widjajanto, menyatakan naskah pidato telah disiapkan Tim 11. Tim ini juga yang menyusun naskah pidato kemenangan Jokowi pada pemilihan presiden lalu. Pidato tersebut disampaikan Jokowi di sebuah kapal di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara, pada 22 Juli 2014.

"Tim ini sudah bisa membaca bagaimana Jokowi ingin melakukan komunikasi politiknya," kata Andi Widjajanto di kantor Tim Transisi di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat 17 Oktober 2014.

Awalnya, kata dia, Jokowi bakal mendapat kesempatan berpidato sekitar 45 menit. Namun, Jokowi tidak setuju dengan rencana tersebut. Lelaki yang gemar blusukan ini hanya ingin berpidato selama tujuh menit.

Setelah dilantik, Jokowi-JK bakal diarak ke Istana. Jokowi kemudian membuka pintu seluas-luasnya bagi masyarakat untuk masuk ke Istana Merdeka. "Setelah melepas Pak SBY, Pak Jokowi akan menggelar open house," ujar panitia acara syukuran rakyat, Zuhairi Misrawi, Sabtu, 18 Oktober 2014.

Warga yang diperbolehkan masuk akan diseleksi sesuai protokoler istana. Minimal berpakaian rapi, tidak boleh pakai jaket, atau celana pendek. "Siapa saja boleh masuk, tapi hanya untuk 700 orang," kata Zuhairi.[] sumber: tempo.co

  • Uncategorized

Leave a Reply