Piala AFF 2012: Laga Penentu El Clasico Melayu

MALAYSIA dan Indonesia akan berlaga kembali di pentas Asian Football Federation (AFF) Suzuki Cup 2012. Terakhir kali kedua tim bertemu di Final AFF Cup 2010. Kala itu, Malaysia keluar sebagai Juara AFF Cup dengan menaklukan Indonesia lewat skor agregat 4-2.

Kali ini National Stadium Bukit Jalil, Kuala Lumpur akan menyajikan laga yang disebut media sebagai "El Clasico-nya" Melayu, Sabtu pukul 19.00 WIB, 1 Desember 2012.

Laga ini punya prestise tinggi akibat ketegangan dan rivalitas yang seakan takkan pernah mati dari kedua tim. Faktor laga penentu di grup B juga akan membuat tensi pertandingan ini menjadi sangat tinggi.

Malaysia harus menang di laga ini untuk lolos ke babak selanjutnya. Sementara Indonesia, hanya butuh hasil imbang untuk lolos ke Semifinal AFF Cup tahun ini.

Indonesia yang tengah bercokol di puncak klasemen grup sepertinya tidak ingin hanya sekedar main aman. Mengingat panasnya situasi laga nantinya, dijamin pasukan Nil Maizar menargetkan kemenangan.

Banyak media yang membahas pengaruh tekanan suporter Malaysia–Ultras Malaya–terhadap performa timnas Indonesia nantinya ketika bermain. Namun, bagi penentu kemenangan Indonesia kala melawan Singapura, Andik Vermansyah, dia tidak mau ambil pusing dengan hal tersebut. "Tidak masalah, di Indonesia sudah banyak yang seperti itu," ujar pemain mungil itu.

Di laga ini Indonesia bakal tidak diperkuat salah satu palang pintu yaitu Wahyu Wijiastanto yang absen karena akumulasi kartu. Namun, di sisi lain Handi Ramdhan (duet Wahyu di sektor bek tengah) ternyata sudah pulih dari cedera sehingga dia bakal bermain dan kemungkinan akan ditemani oleh Fachrudin.

Sedikit jomplangnya lini belakang dengan tidak hadirnya Wahyu, bisa dijadikan celah buat striker Malaysia yang pernah menjebol gawang Indonesia sampai tiga kali di dua laga Final AFF Cup dua tahun lalu, Safee Sali.

Safee yang pernah memperkuat Pelita Jaya pada musim 2011/2012 tentu bakal menjadi momok menakutkan bagi Indonesia. Bahkan Safee sekarang telah mengoleksi dua gol dari laga melawan Laos dengan skor 4-1 di partai sebelumnya.

Safee sendiri berharap mendapatkan hasil maksimal di laga bergengsi ini demi mengejar tiket menuju semifinal. "Ini adalah misi hidup mati, mau tidak mau kami harus menang atas Indonesia," kata pemain yang punya keturunan Indonesia tersebut.

Indonesia juga bakalan kehadiran dua pemain lagi yang sebelumnya mengalami cedera dan terkena skorsing. Ya, Tonnie Cussel beserta Endra Prasetya akan kembali memperkuat timnas Indonesia di laga ini.

Namun, bagi Endra Prasetya sendiri ada kemungkinan akan sulit untuk kembali mendapat tempatnya sebagai kiper utama tim setelah di laga versus Singapura hari rabu lalu, kiper kedua Indonesia, Wahyu Tri Nugroho, bermain dengan gemilang.

Sedikit dilema bagi Nil Maizar harus menurunkan siapa di bawah mistar gawang nanti. Tapi kemungkinan besar pemilihan Wahyu Tri Nugroho kembali menjadi kiper utama tim pastinya tidak lepas dari penampilan yang diperlihatkannya di partai sebelumnya.

Pada tujuh pertemuan terakhir di AFF, Indonesia memang masih memiliki keunggulan dengan meraih empat kali kemenangan dan sisanya kekalahan.

Akan tetapi, faktor bermain di Bukit Jalil yang pernah menjadi mimpi buruk bagi Indonesia kala harus takluk dengan skor telak di leg pertama Final AFF Cup 2010 pastinya bakal berpengaruh bagi tim.

Akankah Indonesia bisa menghadapi musuh bebuyutan mereka? Bisakah Indonesia lolos ke babak Semifinal AFF Cup tahun ini? Pasti bakal lebih hebat jika Indonesia bisa lolos dengan menyingkirkan Malaysia di hadapan publik sendiri.

Prediksi: Malaysia 45 % – 55 % Indonesia

  • Uncategorized

Leave a Reply