Peukan Bada Juarai Lomba Masak Asam Keu’eung

Peukan Bada Juarai Lomba Masak Asam Keu’eung

BANDA ACEH – Kecamatan Peukan Bada Aceh Besar berhasil menjadi pemenang lomba memasak kuah Asam Keu’eung di Aceh Culinary Festival 2015, Minggu, 7 Juni 2015. Lomba memasak kuliner khas Aceh ini diikuti oleh 13 Kecamatan dari Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar.

Informasi yang diterima portalsatu.com dari panitia menyebutkan peserta lomba memasak ini didominasi oleh ibu-ibu para perwakilan dari masing-masing kecamatan. Mereka sangat antusias menampilkan kreasi gulai asam pedas khas Aceh.

Sajian yang terkenal memiliki citarasa segar tersebut, disajikan dalam wadah-wadah tradisional dengan penataan yang unik dan menarik.

Di posisi kedua lomba memasak kuah Asam Keu’eung diperoleh oleh Kecamatan Kuta Raja. Menyusul kemudian Kecamatan Jaya Baru sebagai juara 3.

“Asam Keu’eungnya nikmat. Kreasi dan inovasinya juga baik, tapi ciri khasnya tidak hilang, teksturnya bagus, cara masak dan penyajiannya unik,” kata Erni, salah satu dewan juri dari PKK Provinsi Aceh.

Asam Keu’eung merupakan salah satu hidangan yang sangat familiar di masyarakat Aceh. Hidangan ini berbeda dengan hidangan berbahan dasar daging sapi, ikan, udang dan kepiting khas Aceh lain yang terkenal lemak dan bersantan. Asam Keu’eung yang sering disamakan dengan gulai asam padeh khas Padang ini memiliki citarasa khusus yang berbeda dengan masakan asam pedas lain dari seluruh daerah di Indonesia. Pasalnya Asam Keu’eung menggunakan salah satu bumbu khas Aceh asam sunti, yaitu belimbing wuluh yang sudah dikeringkan dan  diawetkan menggunakan garam.[](bna)

Leave a Reply