Petani Garam Aceh Timur Ikut Lokakarya PUGAR

IDI –  Sebanyak 50 peserta yang tergabung dalam Kelompok Usaha Garam Rakyat (KUGAR) dari Kecamatan Julok dan Kecamatan Darul Aman, Kabupaten Aceh Tmur mengikuti  Lokakarya Pemberdayaan Usaha Garam Rakyat (PUGAR) Tahun 2012  yang digelar oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Aceh Timur di Aula SKB Idi, Senin 19 November 2012.

Kegiatan lokakarya ini dibuka langsung Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Aceh Timur, T Dahlan SE MAP. Dalam sambutannya, T. Dahlan mengatakan, program PUGAR ini juga disinergikan dengan penggunaan Tehnologi Tepat Guna (TTG) yaitu tehnologi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat bersifat dinamis, tidak merusak lingkungan dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dalam meningkatkan nilai tambah produksi.

“Tujuan pemanfaatan dari TTG ini adalah untuk meningkatkan mutu kehidupan dan penghidupan masyarakat melalui pengembangan sumber daya manusia dan sumber daya alam dengan memperhatikan kelestariannya, “ujar T. Dahlan.

Katanya, melalui sentuhan dan wujud tehnologi tepat guna ini diharapkan dapat membantu masyarakat petambak garam Kabupaten Aceh Timur untuk memecahkan permasalahan yang selama ini dihadapi.

"Hal ini untuk meningkatkan kesejahteraan, mempercepat pertumbuhan desa, meningkatkan kemampuan keterampilan dan tanggung jawab membangun diri serta lingkungannya, “ucap T. Dahlan.

dapun pemateri atau narasumber diantaranya Tim PUGAR Ditjen KP3K Kementerian Kelautan dan Perikanan RI dalam hal ini diwakili Kasub Direktorat Sosial Budaya Masyarakat, Gumilar, Kadis Kelatan dan Perikanan Aceh Timur, T Dahlan SE MAP, Perwakilan Diskoperindag Aceh Timur, Tim Teknis Pemberdayaan PUGAR Kabupaten Aceh Timur dan Perwakilan Universitas Malikussaleh Lhokseumawe. (zul)

  • Uncategorized

Leave a Reply