Pesawat Amerika yang mendarat di Aceh dipakai untuk operasi khusus

DUA pesawat jenis Dornier 328 yang mendarat di Aceh dalam dua hari ini biasa dipakai untuk operasi khusus oleh Angkatan Udara Amerika Serikat.

Dalam sebuah laporan berjudul Special Operation Forces disebutkan, Dornier 328 dipakai oleh unit Special Operations Squadron di US Air Force.

Informasi serupa juga dimuat di situs airforce.americanspecialops.com. Disebutkan, Dornier Do-328 dipakai oleh 524th Special Operations Squadron di bawah kendali Air Force Special Operations Command (AFSOC).

Pesawat ini adalah armada angkutan non-standar untuk mendukung operasi khusus. Misinya meliputi penyisipan, juga memasok pasukan operasi khusus.

"Sesuai dengan sifat kerahasiaan misinya, pesawat dicat menyerupai penerbangan sipil," tulis airforce.americanspecialops.com.

Seperti diberitakan, pada Senin, 20 Mei 2013, pesawat angkutan militer Amerika Serikat jenis Dornier 328 dengan nomor lambung 13075 mendarat di bandara Blang Bintang Banda Aceh. Ada yang menyebutkan pesawat itu kehabisan bahan bakar, ada juga informasi yang beredar pesawat itu dipaksa turun oleh TNI Angkatan Udara karena melintas di wilayah Indonesia tanpa izin.

Hari ini, Selasa, 21 Mei 2013, sekitar pukul 10.00 wib, sebuah pesawat jenis yang sama bernomor lambung 03077 kembali mendarat di Blang Bintang. Berbeda dengan sebelumnya, pesawat yang ini telah mengantongi izin, kata Komandan Lanud Iskandar Muda Kolonel Penerbang Supri Abu.

Kedua pesawat itu disebutkan berangkat dari Maldives, negara kepulauan yang berbatasan dengan Srilanka dan India, dengan tujuan ke Singapura.

Seorang fotografer Bangladesh pernah memotret pesawat nomor lambung 13075 (yang mendarat di Aceh kemarin) saat mendarat di Bandara Dhaka, Blangladesh pada 4 April 2013. "Pesawat itu terlihat keluar masuk Dhaka selama beberapa hari," tulis sang fotografer sambil mengunggah fotonya di airplane-pictures.net.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply