PESAT Gelar Seminar Nasional Koperasi

BANDA ACEH – Proyek Ekonomi Terpadu (PESAT) menggelar seminar nasional koperasi di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh, Rabu, 13 Juni 2012. Seminar yang berlangsung sehari ini dilakukan dalam rangka menyambut Tahun Koperasi Internasional seperti yang telah ditetapkan  Majelis umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Kegiatan ini diikuti berbagai unsur, seperti, pegiat koperasi, perwakilan intansi pemerintah, akademisi, mahasiswa, praktisi LSM dan pelaku usaha.  Adapun pemateri yang hadir, antar lain, Deputi Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM, Setyo Heriayanto;  Guru Besar UI, Prof Dr Sri Edi Swasono; perwakilan gabungan koperasi susu Indonesia; Kepala Bank Syariah Mandiri Cabang Banda Aceh dan perwakilan Canadian Coperativ Assosiation (CCA).

“Selain menyambut tahun koperasi, kegiatan ini sebagai momen mempromosikan koperasi,” kata Midon Purba, Pendamping PESAT wilayah Nagan Raya pada The Atjeh Post. Menurut dia, dari kegiatan ini peserta diharap mendapat banyak informasi terbaru tentang koperasi yang dapat digunakan sebagai semangat baru untuk membangun koperasi.

Sementara itu, Deputi Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM, Setyo Heriayanto dalam pemaparannya mengatakan, anggota koperasi harus mengubah pola yang diterapkan selama ini. Bila koperasi selama ini kerap menjadi konsumen, ke depan, kata dia, anggota koperasi harus menjadi produsen. “Harus kreatif untuk menciptakan peluang-peluang,” katanya. []

Dia mengatakan, saat ini sebanyak 95 persen aset di dunia adalah milik pengusaha, “Untuk itu koperasi sebagai produsen harus mampu melahirkan pengusaha,” katanya. []

 

  • Uncategorized

Leave a Reply