Pesantren Darul Ulum Dapat Kucuran Dana Rp1,3 Miliar

Pesantren Darul Ulum Dapat Kucuran Dana Rp1,3 Miliar

TAKENGON – Pesantren Darul Ulum Kecamatan Celala mendapatkan kucuran dana dari Kedutaan Besar Arab Saudi untuk Indonesia sebesar Rp1,3 miliar.

Pimpinan pondok pesantren, Tengku Adami, mengatakan dana ini adalah ujian untuk pihaknya, terutama untuk melaksanakan pembangunan satu unit Ruang Kegiatan Belajar (RKB) dilingkungan pesantren.

“Bantuan dana selain sebagai berkah juga ujian berkaitan dengan hasil akhir bangunan RKB, apakah sesuai dengan harapan atau sebaliknya,” ungkap Tengku Adami, disela gotong royong mempersiapkan pondasi bangunan RKB, Rabu 24 Juni 2015.

Menurutnya, ada sinyal dari pihak kedutaan Arab Saudi untuk menambah bantuan dengan program lainnya bila bantuan pembangunan RKB dapat dilaksanakan dengan baik. Demikian pula sebaliknya, bila bantuan tersebut tidak optimal dimanfaatkan, atau RKB yang dibangun tidak sesuai harapan, maka peluang untuk mendapatkan bantuan berikutnya akan tertutup.

“Semoga saja kita semua amanah untuk melaksanakan pembangunan mesjid, sehingga terbuka lebar bantuan berikutnya,”kata Adami yang sudah menyampaikan keinginan pihaknya kepada Bupati Aceh Tengah untuk melaksanakan peletakan batu pertama RKB tersebut.

Bupati Aceh Tengah, Ir. H. Nasaruddin MM menyempatkan waktu untuk meletakkan batu pertama pembangunan RKB Pesantren Darul Ulum.

Nasaruddin mengharapkan pihak pesantren dapat memanfaatkan kucuran dana yang diberikan dengan seoptimal mungkin untuk pembangunan ruang belajar.”Tentu kita harapkan adanya bangunan kelas baru nanti akan semakin menambah semangat santri untuk belajar,” kata Nasaruddin.

Pesantren Darul Ulum Celala sudah berdiri sejak 1993 dan saat ini terdapat 325 santri yang sedang menimba ilmu. Ruang Kegiatan Belajar yang dibangun berukuran luas 36 x 12 meter persegi, dengan bentuk bangunan 2 lantai dan terdiri dari 8 kelas. [] (mal)

Leave a Reply