Perusahaan Daerah Pemerintah Aceh akan Kelola Blok Pase

LHOKSEUMAWE – Perusahaan Daerah Pemerintah Aceh (PDPA) akan mengelola ladang gas Blok Pase di Aceh Timur, bekerja sama dengan salah satu perusahaan yang akan ditunjuk oleh Pemerintah Aceh.

Saat ini, tim yang dibentuk oleh Gubernur Aceh sedang mengevaluasi dan mengkaji lima perusahaan yang berminat mengelola Blok Pase sebagai mitra PDPA. Lima perusahaan tersebut, yakni Petro Gas Aceh, Artha Jaya Energi, Triangle Pase, Equator Energi dan Sapura Kencana.

“Kita berharap tim yang dibentuk oleh Gubernur secepatnya mengeluarkan hasil evaluasi. Nantinya Gubernur akan mengeluarkan rekomendasi kepada Menteri ESDM agar ditetapkan perusahaan yang akan mengelola Blok Pase bekerja sama dengan PDPA,” kata Direktur Utama PDPA, Syukri Ibrahim kepada The Atjeh Post, Sabtu, 6 Oktober 2012, sore.

Menurut Syukri Ibrahim, proses yang sedang berjalan itu sesuai dengan ketentuan diatur dalam Undang-Undang Nomor 11/2006 tentang Pemerintah Aceh. Dia berharap siapapun (perusahaan) yang akan ditunjuk nantinya bisa bekerja sama secara maksimal dengan PDPA mengelola Blok Pase.

Syukri Ibrahim juga menghimbau semua pihak tidak terpancing dengan isu yang menyebutkan pemerintah telah memperpanjang kontrak pengelolaan Blok Pase kepada Triangle Pase Inc. “Saat ini, Triangle Pase hanya mengelola sementara sambil menunggu proses penetapan pengelola yang baru. Maka semua pihak kita harapkan bisa menahan diri, kalau ada masukan silahkan sampaikan ke Pemerintah Aceh untuk diverifikasi,” katanya.

Berdasarkan salinan surat Menteri ESDM Nomor 5578/13.MEM.M/2012 tanggal 16 Agustus 2012, perihal Kontrak Kerja Sama Wilayah Kerja Pase, yang ditujukan kepada Kepala Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas, disebutkan bahwa “Mengingat sampai saat ini belum ditetapkan pengelola Wilayah Kerja Pase yang definitif, maka dalam rangka menjaga kelangsungan produksi gas dari wilayah kerja itu, kami menugaskan kembali Triangle Pase Inc untuk mengelola sementara selama 6 bulan terhitung sejak 24 Agustus 2012 atau sampai ditetapkannya pengelola secara definitif, mana yang terjadi lebih dulu”.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply