Peruri dukung rencana redenominasi Rp1000 jadi Rp1

PERUSAHAAN Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri) siap mendukung program redenominasi atau penyederhanaan nominal mata uang rupiah usulan pemerintah. BUMN pencetak uang ini pun, sanggup memasok uang kertas dan logam dalam jumlah besar untuk program mengubah nominal Rp 1.000 ke Rp 1 ini.

“Peruri selalu siap dengan apa yang diprogramkan oleh BI (Bank Indonesia) selaku pelanggan kita. Jadi seluruh program BI (pemerintah) akan memperoleh prioritas skala utama. Untuk itu kita harus menjaga kualitas dan kesiapan agar program BI bisa disukseskan. Salah satunya Peruri siap mendukung,” ucap Direktur Utama Peruri Prasetio Pabrik Peruri, Karawang Jawa Barat, Rabu 29 Mei 2013.

Dengan kapasitas saat ini, pabrik percetakan uang Peruri di Karawang Jawa Bawat, mampu memproduksi hingga 9 miliar bilyet (satuan uang per unit) uang kertas dan 1,9 miliar keping uang logam per tahun. Hal ini tentunya, bisa mendukung program redenominasi mata uang.

“Rata-rata bisa mencapai dalam tahunan 7 miliar bilyet. Ini adalah kapasitas produksi yang dimiliki peruri. Untuk uang kertas. Di samping kita punya kemapuan cetak uang logam tapi yang core adalah uang kertas,” tambahnya.

Peruri juga tengah mengembangkan kapasitas produksi anak usahanya, PT Kertas Padalarang. Peruri siap menggelontorkan dana hingga Rp 300 miliar selama 2 tahun untuk mengembangkan mesin dan kapasitas produksi. Harapannya Kertas Padalarang bisa menghasilkan kertas bank note paper. Kertas ini penting sebagai bahan baku kertas pembuat uang.[] sumber : detik

  • Uncategorized

Leave a Reply