Pertamina: Sebelum BBM naik, ada tren orang menimbun

PT Pertamina (Persero) mengakui biasanya marak penimbunan jelang kenaikan harga BBM bersubsidi. Kondisi ini dianggap sudah menjadi tren seperti tahun-tahun sebelumnya menjelang harga BBM naik.

"Jadi sebelum kenaikan diumumkan ada tren orang melakukan penimbunan," kata Direktur Pemasaran dan Niaga Hanung Budya saat pengecekan fasilitas terminal BBM Plumpang, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat 21 Juni 2013.

Ia menuturkan rata-rata konsumsi Premium dalam 5 hari terakhir mencapai 23% di atas daily offtake thruput (DOT – 80.000 KL per hari). Konsumsi Premium mencapai puncaknya sekitar 100.000 KL atau sekitar 25 persen di atas DOT.

"Menghadapi pengumuman harga BBM dan berdasarkan pengalaman kita terjadi rush sebelum jam 00.00. Jadi kita naikkan asumsinya. Jadi Juni itu biasanya 80 ribu KL (kiloliter) per hari jadi dinaikkan ke 91 ribu KL," jelasnya.

Sedangkan konsumsi solar berada di kisaran 48.000 KL perhari atau 12 persen di atas biasanya 43.000 KL/hari. "Solar juga sama dari 43.000 KL per hari. Kita naikkan 12 persen nya. Pertamina sudah siapkan stok cukup dan antisipasi kebutuhan meningkat," sebut Hanung.[] sumber : detik

  • Uncategorized

Leave a Reply