Perokok harus rutin jalani tes kanker paru-paru?

PEMERINTAH Amerika menyarankan bahwa perokok harus melakukan tes kanker paru-paru secara teratur, yaitu satu tahun sekali. Hal ini paling disarankan untuk perokok berat atau mantan perokok berat.

Memeriksakan diri dengan melakukan CT Scan setiap tahun diharapkan bisa menurunkan risiko perokok untuk terkena kanker paru-paru dan mencegah kematian akibat penyakit tersebut.

US preventive Service Task Force mengeluarkan arsip rekomendasi berkaitan dengan hal ini, seperti dilansir oleh US News (29/07). Anggota panel menyarankan pemeriksaan dilakukan oleh orang berusia 55 – 79 tahun yang merokok satu pak sehari selama 30 tahun atau dua pak sehari selama 15 tahun.

Hingga kini belum diketahui apakah rekomendasi ini juga perlu untuk perokok yang masih muda atau perokok yang lebih ringan. Tes kanker paru-paru juga tidak direkomendasikan bagi orang yang sudah berhenti merokok selama 15 tahun.

Bagaimana pendapat Anda dengan rekomendasi ini? Haruskah perokok di Indonesia juga menjalani tes kanker paru-paru per tahun? | sumber: merdeka

  • Uncategorized

Leave a Reply