Pernikahan Bahagia Turunkan Risiko Meninggal Akibat Penyakit Jantung

TERNYATA menikah dan memiliki pasangan yang setia tak hanya membuat Anda bahagia, namun juga menjauhkan risiko penyakit jantung.

Peneliti dari Emory dan Universitas Rutgers, Amerika Serikat mewawancarai 500 pasien yang telah berkeluarga dan yang masih single, sebelum dan sesudah menjalani operasi jantung.

Hasil penelitian dalam Journal of Health and Social Behavior menunjukkan pasien yang telah menikah lebih mampu bertahan hidup. Bahkan, penelitian ini juga menemukan pasien yang telah berkeluarga tiga kali lebih mungkin untuk bertahan hidup hingga tiga bulan bahkan lima tahun kedepannya dibandingkan pasien yang masih lajang.

"Para pasien yang telah menikah lebih memiliki pandangan yang positif saat akan menjalani operasi, dibandingkan pasien lajang," papar peneliti, dilansir melalui Time, Kamis (8/3).

Peneliti meyakini bahwa peran pendamping atau pasangan memainkan peran dalam proses penyembuhan. Pasien yang sudah berkeluarga juga lebih mampu mengelola rasa sakit dan ketidaknyamanan atau kekhawatiran mereka tentang operasi.

Namun, tingkat kebahagiaan bukan menjadi ukuran untuk bertahan hidup. Peneliti juga menemukan bahwa adanya perbedaan gaya hidup, seperti tingkat kebiasaan merokok antara pria berstatus 'married' dengan 'single'.

Peneliti menjelaskan bahwa pria berkeluarga lebih rendah melakukan kebiasaan merokok dibandingkan pria lajang. Hal ini menunjukkan, kehadiran pasangan pada akhirnya mempengaruhi kesehatan jangka panjang seseorang. | sumber: ghiboo.com

  • Uncategorized

Leave a Reply